Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dokter Meningatkan Cuaca Ekstrem Mempengaruhi Imunitas

Paling gampang contohnya adalah mereka yang terdampak bencana banjir. Pikiran mereka pasti mengarah pada rumah mereka yang kebanjiran. Nah pada tahapan ini, pikiran harus dijaga agar terus positif.
Olahraga bisa menjaga kesehatan./Reuters
Olahraga bisa menjaga kesehatan./Reuters

Bisnis.com, SEMARANG - Kondisi cuaca ekstrem dan tidak menentu berpotensi membuat imunitas tubuh menurun sehingga mudah terkena penyakit.

Dosen Epidemiologi dan Penyakit Tropik Universitas Diponegoro Semarang, dr. Ari Udijono, menyampaikan bahwa imunitas tubuh seseorang naik dan turun. Dia menyesuaikan kondisi internal dan kondisi eksternalnya. Imunitas tubuh ibarat tameng yang melindungi seseorang dari serangan penyakit.

Dia menyebut, faktor internal yang mempengaruhi imunitas tubuh adalah pikiran seseorang itu sendiri. Pikiran seseorang yang dihantui kegelisahan dan tidak memberi ruang untuk berpikir positif akan berakibat pada menurunnya imunitas tubuh.

"Paling gampang contohnya adalah mereka yang terdampak bencana banjir. Pikiran mereka pasti mengarah pada rumah mereka yang kebanjiran. Nah pada tahapan ini, pikiran harus dijaga agar terus positif. Jangan terlalu dipikir apalagi berpikir aneh-aneh. Nanti gampang depresi," katanya Selasa (2/3/2021).

Sementara faktor eksternal yang mempengaruhi imunitas tubuh adalah cuaca dan pola mobilitas. Dia mengatakan, cuaca ekstrem berpengaruh pada tingkat imunitas tubuh seseorang.

"Jika seseorang sudah kerja seharian, capek, ditambah dengan pikiran berat, lalu kehujanan, otomatis imunnya pasti menurun. Tapi kalau pikirannya positif, daya tahan tubuhnya bagus, kena hujan asal tidak sering tidak masalah," imbuhnya.

Kendati demikian, imunitas tubuh yang baik belum tentu dapat menahan semua serangan penyakit. Maka dari itu, dia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

"Daya tahan tubuh seseorang itu memiliki batasan. Anggaplah imunitas tubuh kita seribu, lalu dihantam sama virus yang jumlahnya sejuta. Pasti imunitas kita menjadi lemah," ungkapnya.

Dia juga menekankan, imunitas tubuh merupakan tameng terpenting dalam kondisi pandemi dan cuaca ekstrem. Dia menyarankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga imunitas tubuh di tengah cuaca tak menentu seperti sekarang ini. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper