Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Dangkal di Kendal, BMKG Imbau Warga Cek Ulang Tempat Tinggal

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas di sesar Weleri.
Ilustrasi gempa di Kendal./BMKG
Ilustrasi gempa di Kendal./BMKG

Bisnis.com, KENDAL- Kabupaten Kendal diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,4 Selasa (25/5/2021), pukul 09.10 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 3,4 magnitudo.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.66 LS dan 109,94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km arah Barat Daya Weleri - Kendal, Propinsi Jawa Tengah pada kedalaman 5 km," kata Setyoajie melalui siaran persnya.

Dia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas di sesar Weleri.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (Oblique Fault)," ujarnya.

Adapun, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah kec. Plantungan,Sukorejo III MMI. di Kec. Bawang Kab. Batang III MMI Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," tambahnya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper