Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Covid-19 Ekor Lebaran, Pelaku Wisata di Gunung Kidul Dites Antibodi

Pelaku usaha pariwisata selama libur Lebaran hingga saat ini melayani wisatawan dari berbagai wilayah, sehingga berpotensi terpapar.
Petugas kesehatan melakukan tes swab terhadap pelaku wisata di Gunung Kidul./Antara
Petugas kesehatan melakukan tes swab terhadap pelaku wisata di Gunung Kidul./Antara

Bisnis.com, GUNUNG KIDUL - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penyaringan (screening) terhadap pelaku usaha wisata untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 selama libur Lebaran 1442 Hijriah hingga saat ini.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty di Gunung Kidul, Rabu (26/5/2021), mengatakan proses penyaringan telah dilaksanakan Selasa (25/5), 28 dan 31 Mei, serta 2 Juni mendatang.

"Pelaku usaha pariwisata selama libur Lebaran hingga saat ini melayani wisatawan dari berbagai wilayah, sehingga berpotensi terpapar Covid-19 dan berpotensi menyebarkan Covid-19, sehingga mereka menjadi sasaran utama penyaringan setelah Lebaran ini," kata Dewi.

Ia mengatakan sektor pariwisata ini menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Sektor pariwisata mampu mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga Gunung Kidul, sehingga sesuai instruksi Bupati, Dinkes harus mengawal sektor pariwisata dari sisi kesehatan dengan mengantisipasi potensi penyebaran Covid-19, katanya.

"Kami ingin melihat bagaimana dampaknya bagi masyarakat di destinasi wisata, khususnya pelaku usaha," katanya.

Menurut Dewi, potensi terpapar Covid-19 bisa terjadi sekitar satu sampai dua minggu setelah libur lebaran. Itu sebabnya kegiatan screening baru mulai dilakukan pekan ini. Proses screening akan dilakukan secara bertahap.

"Sasaran screening adalah pelaku usaha pariwisata di Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak, Indrayanti, Sadranan, hingga Siung," katanya.

Screening nantinya menggunakan metode rapid test antibodi.

Menurutnya, jika nanti ada yang reaktif dari hasil pemeriksaan itu, maka warga yang bersangkutan akan diarahkan untuk tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Kami berharap pelaku wisata tetap aman dan tidak terpengaruh dampak libur Lebaran ini," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul Harry Sukmono membenarkan adanya kegiatan screening tersebut. Pihaknya pun sudah menerima surat resmi dari Dinkes.

"Kami pun sudah berkoordinasi dengan Pokdarwis pantai yang menjadi sasaran screening. Jadwal pelaksanaannya juga sudah dipublikasikan pada mereka," katanya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper