Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semarang Bidik Potensi Ekspor Daun Talas

Jadi yang diekspor adalah daun talas kering yang sudah dirajang untuk bahan baku minuman herbal.
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kanan) ketika melihat budidaya tanaman talas di Semarang./Istimewa
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kanan) ketika melihat budidaya tanaman talas di Semarang./Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melirik budi daya daun talas untuk menjadi salah satu komoditi ekspor.

Pria yang akrab disapa Hendi itu pun meminta Dinas Pertanian Kota Semarang untuk giat melakukan sosialisasi kepada para petani di Ibu Kota Jawa Tengah, terkait potensi ekonomi dari tanaman talas. Dengan begitu diharapkan para petani dapat bergerak bersama mendukung ketersediaan daun talas dari Kota Semarang untuk diekspor.

Dengan perkiraan nilai ekspor per kilogram sekitar tiga dollar, diharapkan daun talas dapat menjadi salah satu komoditi yang dapat berkontribusi mendongkrak perekonomian Kota Semarang.

Apalagi pasar ekspor daun talas yang sudah dikeringkan tersebut masih terbuka lebar, salah satunya ke Australia dan Amerika, sehingga potensinya masih sangat besar untuk dikembangkan. Untuk itu Hendi mengharapkan lahan di Kota Semarang yang belum produktif bisa dimanfaatkan untuk ditanami talas.

"Jadi yang diekspor adalah daun talas kering yang sudah dirajang untuk bahan baku minuman herbal. Kemarin salah satu perusahaan yang ada di Kota Semarang sudah mulai ekspor 3,6 ton daun talas ke Australia. Tapi informasi yang saya dapat kebutuhan pasokan daun talas kering untuk di Australia dan Amerika bisa mencapai 10 kontainer per minggunya, sehingga potensinya masih besar untuk dikembangkan," kata Hendi melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (28/5/2021).

"Di Kota Semarang sendiri masih ada 2.300 lahan pertanian produksi, yang kemudian saya minta Dinas Pertanian Kota Semarang untuk giat melakukan sosialisasi terkait potensi tanaman talas ini, terkhusus daunnya untuk ekspor. Sehingga harapannya sedulur - sedulur yang masih memiliki lahan pertanian dapat ikut membudidayakan talas, karena nilai ekonomisnya tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur mengungkapkan memang masih ada beberapa lahan di wilayah Ibu Kota Jawa Tengah yang masih kurang produktif, sehingga bisa dimaksimalkan untuk membudidayakan tanaman talas.

Dirinya juga menegaskan telah terhubung dengan eksportir daun talas tersebut, untuk mulai bulan depan bersama - sama mengenalkan potensi tanaman talas kepada para petani.

"Tanaman talas ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit, dan bisa dipanen berkali - kali. Saya juga sudah bicara dengan eksportir untuk bulan kita mulai bisa mengenalkan tanaman ini kepada para petani. Semoga dengan adanya kebutuhan pasar yang masih cukup besar, petani di Kota Semarang semangat untuk ikut berkontribusi mengambil peluang ini, yaitu dengan turut mengembangkan budi daya tanaman talas ini," terang Hernowo. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper