Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dalam Waktu Dekat, Unnes Siapkan Kuliah Tatap Muka

Kegiatan perkuliahan akan dilakukan secara bauran atau hybrid. Secara bertahap, 8 fakultas di UNNES akan melaksanakan perkuliahan secara tatap muka.
Ilustrasi - Universitas Negeri Semarang (Unnes). /unnes.ac.id
Ilustrasi - Universitas Negeri Semarang (Unnes). /unnes.ac.id

Bisnis.com, SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) bakal melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tatap muka dalam waktu dekat. Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Humas UNNES, Muhammad Burhanudin, pada Jumat (1/10/2021).

“[Kegiatan PTM] kita rencanakan secara hybrid. Sebagian dilaksanakan secara langsung [tatap muka] yang lain masih dilaksanakan secara daring,” jelas Burhanudin ketika dihubungi Bisnis.

UNNES sendiri memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Meskipun demikian, perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Gunung Pati, Kota Semarang tersebut belum berencana untuk melangsungkan kegiatan perkuliahan bauran atau hybrid tersebut secara bersamaan.

“Nantinya PTM akan kami uji coba secara bertahap,” jelas Burhanudin. Namun, Burhanudin belum bisa memberikan kepastian, kapan kegiatan PTM bauran melalui daring dan luring tersebut bakal dilaksanakan.

Sebelumnya, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia, Jamal Wiwoho, menyampaikan bahwa sebagian besar pimpinan kampus mengaku belum siap untuk menggelar perkuliahan tatap muka. “Sebanyak 35 rektor rata-rata mengatakan belum siap, ada juga yang mengatakan pada Oktober, ada yang mengatakan semester depan baru berani membuka kampus,” jelasnya dalam sebuah diskusi virtual yang diselenggarakan pada pekan lalu.

Meskipun demikian, di Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) telah merencanakan untuk menggelar PTM secara luring mulai Oktober ini.

“Kita mengistilahkannya PTM Terkendali, bukan PTM Terbatas. Karena kalau PTM Terbatas kan hitungannya pada jumlah, tapi untuk PTM Terkendali bukan hanya menyangkut soal jumlah, namun juga soal infrastruktur dan lain-lain. Termasuk infrastruktur kesehatan,” jelas Kepala Pusat Inovasi dan Kajian Akademik UGM, Hatma Suryatmojo, Rabu (29/9/2021) lalu.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenbudristek) sendiri menyebutkan bahwa skema PTM Terbatas tersebut dapat dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi sejumlah syarat.

Salah satunya adalah melakukan persiapan PTM sesuai dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah perguruan tinggi terkait. Perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Level 1-3 dapat melaksanakan PTM Terbatas dengan tetap berkoordinasi dan memberikan laporan pada satuan tugas Covid-19 setempat. Sementara itu, perguruan tinggi swasta juga diwajibkan melapor pada satuan tugas Covid-19 serta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di daerahnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper