Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DIY Klaim Sudah Capai Herd Immunity, Ini Penjelasannya

Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan herd immunity alias kekebalan kelompok terhadap Covid-19 dipastikan telah terbentuk di DIY.
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Jumat (10/6/2021)./Antara-Hendra Nurdiyansyah
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Jumat (10/6/2021)./Antara-Hendra Nurdiyansyah

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Pemprov DIY mengklaim telah berhasil mewujudkan herd immunity di wilayahnya seiring dengan capaian vaksinasi yang sudah di atas 85 persen.

Hal tersebut pun didukung oleh pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam rapat koordinasi libur Natal dan Tahun Baru 2022, Rabu (8/12/2021).

Sumadi selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Pemda DIY mengatakan dalam rapat terbatas tersebut, Menteri Tito menyampaikan telah melakukan survei terhadap 15 daerah aglomerasi di Indonesia.

Dikatakan, dari hasil survei yang ada, DIY memiliki catatan apik.

“Tadi disampaikan Pak Menteri. Mereka melakukan survei ke beberapa daerah, khususnya daerah aglomerasi. Herd immunity sudah tinggi, termasuk DIY. Indikatornya vaksinasi yang kami lakukan lebih dari 70 persen,” kata Sumadi, dikutip dari Harianjogja.com pada Rabu (8/12/2021).

Namun demikian, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY Pembajun Setyaningastutie enggan mengomentari kekebalan kelompok di DIY ini.

Akan tetapi, pihaknya mengakui bahwa secara teori, jika vaksinasi sudah di atas 85 persen, seharusnya herd immunity terbentuk.

“Cuma, herd immunity itu ada di wilayah tertentu,” katanya.

Sementara itu, berdasar data dari Dinkes DIY, hingga Rabu (8/12/2021), dari sasaran vaksinasi 2,8 juta penduduk, dosis pertama telah mencapai 97,09 persen.

Di sisi lain, berdasarkan realisasi per kabupaten, dosis pertama di Kota Jogja 100 persen, Sleman 91,09 persen, Bantul 86,1 persen, Kulonprogo 82,4 persen, dan Gunungkidul 78,4 persen.

Adapun vaksinasi dosis kedua baru mencapai 85,81 persen. Kelompok yang telah mencapai 100 persen vaksinasi dosis kedua adalah tenaga kesehatan dengan 145,3 persen, pelayan publik 187,4 persen, dan remaja 100,3 persen.

Lebih jauh, Pembajun juga enggan mengungkapkan indikator pencapaian herd immunity, apakah terkait dengan capain vaksinasi dan penurunan kasus harian.

Namun berdasarkan data dari Dinkes DIY, memang terdapat penurunan kasus harian di DIY.

Saat ini, tingkat kesembuhan dari Covid-19 mencapai 96,36 persen atau di atas angka nasional yang mencapai 96,31 persen.

Sementara itu, angka kematian di DIY 3,36 persen, di bawah angka nasional 3,4 persen, sedangkan positivity rate di DIY hingga Selasa (7/12/2021) tercatat 0,08 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Jumali
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper