Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4.279 Siswa SD di Batang Bakal Divaksin Hari Ini

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun dimulai pada hari ini, Rabu (5/1/2022).
Berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan oleh berbagai negara/clinicaltrialsarena.com
Berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan oleh berbagai negara/clinicaltrialsarena.com

Bisnis.com, BATANG - Bupati Batang membuka program vaksinasi anak usia 6-11 tahun di SD Karangasem pada Rabu (5/1/2022). Pembukaan tersebut dilakukan secara hybrid atau bauran yang diikuti oleh perwakilan SD se-Kabupaten Batang.

Wihaji, Bupati Batang, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerjunkan 19 tim vaksinator untuk melancarkan pelaksanaan perdana program vaksinasi anak tersebut. "Untuk Kabupaten Batang menggunakan jenis vaksinnya Sinovac, jadi insyaallah aman semua," ucapnya.

Ada sekitar 70.000 anak usia 6-11 tahun yang bakal menjadi sasaran program vaksinasi tersebut. Wihaji menjelaskan bahwa nantinya program vaksinasi akan dipusatkan di sekolah-sekolah, baik di SD ataupun MI.

"Tentu harapan kita semuanya lancar. Kemudian, sudah kita pastikan berdasarkan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) tidak ada case gara-gara divaksin anak ada masalah," tambahnya.

Wihaji menargetkan bahwa program vaksinasi anak usia 6-11 tahun tersebut bisa selesai dalam 2-3 minggu ke depan. Untuk itu, Bupati Batang meminta dukungan dari seluruh pihak, mulai dari Forkopimda, TNI, Polri, tenaga kesehatan, serta masyarakat di Kabupaten Batang.

"Semuanya sekarang melaksanakan perang semesta yang kedua, untuk semua terlibat dalam percepatan vaksin untuk anak-anak. Kita berdoa, kita berharap, semuanya lancar. Target saya 2-3 minggu selesai," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Didiet Wisnuhardanto, menjelaskan bahwa Kabupaten Batang telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk memulai program vaksinasi anak usia 6-11 tahun. "Alhamdulillah, pada hari ini capaian vaksin di Kabupaten Batang sebesar 71,74 persen dan lansia 65,61 persen. Sehingga Kabupaten Batang bisa melaksanakan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun," jelasnya.

Didiet menambahkan bahwa di SD Karangasem sendiri, ada 1.001 anak yang bakal menerima vaksin dosis pertama. "Dari seluruh Kabupaten Batang jumlah totalnya adalah 4.279 yang akan divaksin hari ini. Mudah-mudahan berjalan lancar, aman, tidak ada kendala," tambahnya.

Pada perkembangan lainnya, program vaksinasi anak juga telah dimulai di beberapa daerah lain di Jawa Tengah. Senin (3/1/2022) kemarin, Polres Karanganyar melakukan kegiatan vaksinasi anak di SD 03 Pereng dan SD 02 Munggur, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Program tersebut juga dilaksanakan secara serempak di seluruh Kabupaten Karanganyar.

Di Kota Salatiga, Polres Salatiga mendukung upaya percepatan dengan membuka pos vaksinasi di tempat wisata, tepatnya di Pemandian Umum Kalitaman Sidorejo Salatiga.

"Vaksinasi di lokasi atau di tempat wisata ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Dokkes Polres Salatiga dalam menyukseskan program vaksinasi nasional, yang ditujukan untuk masyarakat umum yang sedang kunjungan namun belum melaksanakan vaksinasi," jelas Kasi Dokkes Polres Salatiga, M Abdul Rochman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : polri.go.id

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper