Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Jogja Dapat Akses Layanan Telemedisin Gratis, Ini Caranya

Warga Kota Yogyakarta yang tengah menjalani isolasi mandiri atau isoman Covid-19 kini bisa mengakses layanan telemedisin dari Kemenkes secara gratis. Berikut cara lengkapnya.
Ilustrasi pria menjalani isolasi mandiri di rumah/Freepik
Ilustrasi pria menjalani isolasi mandiri di rumah/Freepik

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Tak hanya di Jabodetabek, layanan telemedisin gratis yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan kini dapat diakses oleh warga Jogja yang tengah menjalani isoman Covid-19.

Adapun syarat bagi pasien Covid-19 untuk bisa menggunakan layanan telemedisin ini adalah sudah berusia 18 tahun dan menjalani tes PCR atau antigen di laboratorium yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Nantinya, apabila dinyatakan positif, maka pihak lab akan melaporkan hasil tes ke database Kemenkes. Selanjutnya, pasien pun akan mendapat pesan konfirmasi melalui WhatsApp atau atau cek langsung dengan NIK Anda di laman isoman.kemkes.go.id.

Setelahnya, lakukan skrining secara online di salah satu dari 17 pilihan layanan telemedisin yang berafiliasi dengan Kemenkes.

Setelah itu, Anda pun akan mendapat resep digital dan bisa ditebus melalui isoman.kemkes.go.id/tebusresep, lalu akan diproses oleh Kimia Farma dan dikirim oleh SiCepat.

Sementara itu, adapun obat dan vitamin tersebut diberikan secara gratis dan terdiri dari dua paket, yaitu Paket A dan Paket B.

Paket A diperuntukkan bagi orang tanpa gejala (OTG) dengan isian Multivitamin C, B, E, dan Zinc untuk dikonsumsi selama 10 hari.

Lalu, Paket B dikhususkan bagi orang dengan gejala ringan. Mereka memperoleh multivitamin serupa dengan Paket A dan Faripravir 200mg berjumlah 40 kaplet atau Molnupiravir 200mg dengan dosis 2x4 tab (dikonsumsi selama 1-5 hari) berjumlah 40, dan Parasetamol tab 500mg berjumlah 10 (jika dibutuhkan).

Lepas dari itu, apabila pasien Covid-19 tak kunjung menerima konfirmasi WhatsApp dari sistem, maka Anda bisa menghubungi Kementerian Kesehatan melalui:

WhatsApp: 0811-1050-0567
Email: [email protected]
Telepon: 119 ext 9

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler