Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jateng Gelar UVO 2022, Dorong Kredit Usaha Rakyat

Bank Jateng ikut membantu dalam mendukung permodalan UMKM melalui penyaluran Kredit Mitra Jateng, Kredit Milenial, hingga Kredit Lapak.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) didampingi Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno secara simbolis memberikan kredit kepada para pelaku UMKM Jateng dalam acara UKM Virtual Expo (UVO) 2022 yang digelar secara hybrid. /Dok. Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) didampingi Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno secara simbolis memberikan kredit kepada para pelaku UMKM Jateng dalam acara UKM Virtual Expo (UVO) 2022 yang digelar secara hybrid. /Dok. Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Bank Jateng bekerja sama dengan Dinas Koperasi UMKM Jawa Tengah menggelar UKM Virtual Expo (UVO) 2022 dengan tema UKM Wow Anti Selow di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah pada 18 – 20 April 2022.

Diramaikan kehadiran 50 stan UKM yang mewakili sekitar 300 UKM binaan Bank Jateng, acara tersebut dibuka oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang didampingi Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen dan Dirut Bank Jateng Supriyatno.

“Bank Jateng menggelar UKM expo ini jadi barokah, karena UKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia, potensinya sangat besar. Oleh karena itu Bank Jateng ikut membantu dalam permodalan UKM melalui Kredit Mitra Jateng, Kredit Milenial, hingga Kredit Lapak,” kata Dirut Bank Jateng, Supriyatno, Senin (18/4/2022).

Dirut Bank Jateng yang biasa disapa Pak Nano ini bahkan mengungkapkan, perkembangan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jawa Tengah sangat tinggi seperti yang diraih Bank Jateng sebagai Bank Pembangunan Daerah, bahkan Jateng menjadi penyalur KUR tertinggi di Indonesia.

Dengan adanya kegiatan UKM Virtual Expo, Nano mengaku sangat efektif dalam rangka memasarkan produk–produk unggulan dari pelaku UMK di Jateng, bahkan tidak sedikit produk UMKM asal Jateng dapat diekspor ke beberapa negara.

“Adanya expo ini pemasarannya bisa dilakukan secara offline dan online, dan mudah–mudahan dengan model seperti ini bisa terus berlanjut dikembangkan dan bisa membawa UKM kita Go Ekspor menjadi sesuatu yang nyata,” katanya.

Direktur Bisnis Dana, Jasa dan UMKM Bank Jateng, Irianto Harko Saputro, saat mendampingi Dirut Bank Jateng memberikan keterangan pers mengatakan, penyaluran KUR di Bank Jateng pada 2021 menjadi yang terbesar dan tertinggi se-Indonesia untuk kategori BPD.

“Pada tahun 2022 ini kami mendapatkan jatah kuota KUR Rp4,7 triliun dan sekarang penyalurannya sudah di angka 30 persen dan mudah-mudahan sebelum Desember sudah bisa habis tersalurkan dan kita bisa minta kuota lagi, sehingga kalau KUR bisa cepat terserap di Jateng ini artinya UKM kita bisa lebih besar potensinya untuk tumbuh,” katanya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Lebaran 2022 merupakan momentum untuk memulihkan ekonomi pascapandemi. Para pelaku UMKM diminta untuk kreatif memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan penjualan.

“Kemarin (dua tahun pandemi) tidak boleh jualan maka kita naikkan ke virtual. UKM mesti menyiapkan diri karena sebentar lagi lebaran dan orang-orang akan mudik,” katanya. 

Apalagi, lanjut Ganjar, Kementerian Ketenagakerjaan juga telah menegaskan kepada perusahaan agar THR dibayarkan secara penuh dan tidak dicicil, sehingga membuat kondisi masyarakat mempunyai kemampuan untuk membeli produk.

Insyaallah itu akan membikin kondisi hari ini di kantong masyarakat ada uang. Maka UKM mesti menyiapkan diri untuk mengambil dan memanfaatkan peluang ini, sehingga tidak tinggal diam,” ujarnya.

UVO 2022 ini dihelat secara hybrid. Sebanyak 50 UKM unggulan Jateng memamerkan produk-produknya di booth yang ada di halaman Kantor Pemprov Jateng. Sementara itu, sebagian UMKM lainnya berjualan secara online di www.ukmvirtualexpo.com.

“Ini coba kita dorong ya agar UKM kita laku, satu kita buat parsel, dibeli oleh ASN, BUMD, BUMN, instansi pusat yang ada di Jateng kita gotong royong. Kita beli parselnya di dalam parsel itu produknya ukm seluruh Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Sejumlah UKM unggulan yang dipamerkan antara lain fesyen, kerajinan tangan, panganan ringan, kuliner khas Jateng hingga kuliner sehat produksi Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler