Bursa Gubernur Jateng 2024, Pasangan Gibran-Dico Jadi Favorit

Posisi setelahnya, ada pasangan Hendrar Prihadi dan Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 24,6 persen.
Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan (kiri), saat memaparkan hasil survei tentang persepsi politik anak muda di Jawa Tengah pada Selasa (7/2/2023)./Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan.
Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan (kiri), saat memaparkan hasil survei tentang persepsi politik anak muda di Jawa Tengah pada Selasa (7/2/2023)./Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan.

Bisnis.com, SEMARANG — Nama dua kepala daerah petahana di Jawa Tengah muncul dalam hasil survei mengenai preferensi politik anak muda. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dipasangkan dengan Bupati Kendal Dico Mahtado Ganinduto sebagai pasangan dengan elektabilitas tertinggi pada Pilkada 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Aksara Research and Consulting, Hendri Kurniawan, menjelaskan bahwa munculnya nama Gibran dan Dico dapat dilihat sebagai keterwakilan anak muda dalam pesta demokrasi yang kian dekat. "Mereka dianggap tokoh yang tepat untuk memimpin Jawa Tengah ke depan," ucapnya dalam konferensi pers yang digelar di Kawasan Kota Lama, Selasa (7/2/2023) sore.

Aksara Research and Consulting secara khusus membatasi kelompok usia responden di 17-39 tahun. Adapun proses survei dilakukan pada 15-25 Januari 2023 lalu.

Dari survei yang dilakukan, 31,8 persen anak muda menyebut pasangan Gibran-Dico cocok sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah di masa mendatang. Di bawahnya, ada pasangan Hendrar Prihadi dan Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 24,6 persen.

Pasangan Gibran-Hendrar Prihadi juga dipasangkan namun hanya mencatatkan elektabilitas di angka 15,4 persen. Sementara dari keseluruhan responden, 18,9 persen cenderung memilih abstain.

"Kami memotret bahwa partisipasi politik anak muda terhadap Pemilu 2024 itu cukup tinggi. Mereka bersedia untuk datang ke TPS. Itu cukup tinggi, di angka 90,3 persen dan ini sebenarnya menarik," jelas Hendri.

Lebih lanjut, Hendri memaparkan hasil temuan bahwa anak muda di Jawa Tengah memiliki perhatian yang besar pada isu lingkungan, lapangan kerja, kesejahteraan masyarakat, juga teknologi.

Adapun untuk figur kepala daerah, Hendri menyebut bahwa faktor ketokohan seseorang masih jadi pertimbangan utama. "Kriteria utama mereka untuk memilih partai politik di Jawa Tengah ternyata yang paling dilihat adalah tokoh partai," ucapnya.

Dengan preferensi tersebut, tak heran jika PDIP menjadi partai dengan elektabilitas terbesar di kalangan anak muda Jawa Tengah. Dari hasil survei yang dilakukan, 32,9 persen anak muda menyebut bakal memilih PDIP ketika Pemilu dilakukan hari ini.

"PDIP masih menjadi partai politik yang akan dipilih oleh anak muda dan ini representatif dengan perilaku persepsi masyarakat secara keseluruhan. Bahwa PDIP akan menjadi partai politik yang menjadi pilihan di 2024 mendatang," kata Hendri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper