Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekam Jejak Hendrar Prihadi, Begini Prestasinya

Seperti hal di dunia kerja, karier politik yang ditapaki Hendi juga terhitung pesat.
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) masa jabatan 2022-2027 Hendrar Prihadi./Antara
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) masa jabatan 2022-2027 Hendrar Prihadi./Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Hendrar Prihadi merupakan Wali Kota Semarang yang menjabat secara definitif sejak tahun 2013.

Pria yang akrab disapa Hendi ini lahir pada tanggal 30 Maret tahun 1971 di Kota Semarang, sebagai anak ke-10 dari 10 bersaudara dari pasangan bapak Sunarso dan ibu Sunarti.

Hendi sendiri dalam salah satu unggahan aku akun instagram pribadinya mengaku menapaki karier sebagai seorang sales. Pada 1996, ia karyawan CV Daya prima, yang bergerak di bidang alat kesehatan, dimana Hendi sendiri pada saat itu berada dalam divisi penjualan kaca mata.

Adapun setelah sempat beberapa kali berpindah kerja, Hendi kemudian memilih untuk fokus berwirausaha, dimana pada tahun 1999 Hendi tercatat sebagai direktur CV Sinar Mulia, perusahaan yang didirikannya sendiri. Namun pada tahun 2009 Hendi pun kemudian memutuskan untuk meninggalkan aktivitasnya di dunia usaha setelah terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah di tahun tersebut.

Seperti hal di dunia kerja, karier politik yang ditapaki Hendi juga terhitung pesat. Bagaimana tidak, setahun setelah dirinya menduduki kursi legislatif, Hendi kemudian naik menjadi Wakil Wali Kota Semarang pada tahun 2010.

Posisi tersebut pun tak lama didudukinya, dimana setahun kemudian Hendi diamanahi untuk menjadi pelaksanan tugas Wali Kota Semarang pada tahun 2011.

Selanjutnya, pada tahun 2013 pria yang besar di daerah Lempongsari Kota Semarang itu kemudian ditetapkan menjadi Wali Kota Semarang. Pasca itu Hendi kemudian mengikuti 2 kali pemilihan Wali Kota Semarang dimana selalu dimenanginya. Bahkan pada pemilihan Wali Kota Semarang tahun 2020, Hendi berhasil memenangi kontestasi pemilihan kepala daerah itu dengan angka 91,57%.

Bulatnya masyarakat Kota Semarang dalam memberikan dukungan kepada Hendi itu pun tak lepas dari prestasi kerjanya yang berhasil melakukan berbagai lompatan pembangunan di kota kelahirannya. Salah satunya yang sangat dirasakan masyarakat adalah terkait peningkatan ekonomi di ibu kota Jawa Tengah. Hal itu diwujudkannya dengan membangun Kota Semarang sebagai salah satu kota tujuan wisata teratas di Indonesia.

Hendi pun kemudian berhasil membawa Semarang sebagai kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2019, 2020, dan 2021. Apresiasi yang datang dari pemerintah pusat itu pun lantas membuat Kota Semarang menjadi role model oleh banyak pihak, hingga kunjungan studi banding dari berbagai daerah menjadi pemandangan setiap hari yang lumrah di Balaikota Semarang.

Tak hanya dalam pembangunan kota, prestasinya dalam melakukan reformasi pelayanan publik juga diakui di tingkat nasional, dimana pemerintah pusat menobatkan Hendi sebagai pembina pelayanan publik terbaik di Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2019.

Selain itu, peraih penghargaan Anti Gratifikasi Award KPK RI tahun 2013 dan 2014 ini juga sempat menarik perhatian publik karena terpilih sebagai 'Best City Manager' (Manajer Kota Terbaik) oleh lembaga internasional Europe Business Assembly pada tahun 2014. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper