Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Mengolah Salmon Steak Ala Chef Ganjar Aston Inn Pandanaran Semarang

Cara terbaik melakukan defrosting ikan adalah dengan menyimpan ikan beku di chiller kulkas, agar proses defrost berlangsung bertahap.
Executive Chef Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang, Ganjar Trisaputra, membagikan tips mengolah hidangan Salmon Steak dalam acara live cooking yang disiarkan di Instagram pada Jumat (9/12/2022). /Bisnis-Nova Sapta Aji
Executive Chef Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang, Ganjar Trisaputra, membagikan tips mengolah hidangan Salmon Steak dalam acara live cooking yang disiarkan di Instagram pada Jumat (9/12/2022). /Bisnis-Nova Sapta Aji

Bisnis.com, SEMARANG — Menu olahan ikan salmon cukup populer di kalangan penggemar hidangan western food. Salah satu menu yang cukup praktis dan bisa diolah sendiri di dapur adalah Salmon Steak.

Executive Chef Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang, Ganjar Trisaputra, membagikan beberapa tips dalam memasak hidangan Salmon Steak. Pertama, pemilihan bahan utamanya yakni ikan salmon.

“Memilih ikan salmon itu harus memperhatikan tiga hal. Pertama warna, kedua tekstur, ketiga aroma. Warna ikan salmon segar itu pink muda cenderung oranye. Teksturnya harus firm, tidak lembek. Aromanya khas laut dan tidak terlalu amis,” ujarnya saat acara Live Cooking bersama Kepala Perwakilan Bisnis Indonesia Jateng-DIY, Farodlilah Muqoddam, Jumat (9/12/2022).

Ikan salmon biasanya dapat dibeli di supermarket dalam kondisi segar atau beku. Jika membeli dalam kondisi beku, perlu diperhatikan cara melakukan defrosting agar tidak merusak kualitas ikan.

Menurut Chef Ganjar, cara terbaik melakukan defrosting ikan adalah dengan menyimpan ikan beku di chiller kulkas, agar proses defrost berlangsung bertahap. Ia tidak merekomendasikan teknik defrosting dengan cara merendam ikan beku di dalam air ataupun membiarkannya di bawah air mengalir.

“Juga tidak direkomendasikan langsung menempatkan ikan beku di udara terbuka karena perbedaan suhu yang cukup ekstrim dengan freezer. Proses defrosting sebaiknya dilakukan secara perlahan-lahan di chiller,” tambahnya.

Tips selanjutnya, ketika memanggang ikan salmon dengan teknik pan seared di atas panci penggorengan, sebaiknya ditambahkan sedikit minyak goreng sebelum kemudian ditambah butter. Alasannya, minyak akan menjaga butter tidak cepat gosong sehingga proses pematangan ikan lebih sempurna.

Chef Ganjar menyarankan agar mengolah Salmon Steak hingga benar-benar matang di setiap sisi, bahkan sampai ke lapisan dalam ikan. Tidak ada patokan khusus untuk memasak steak ikan ini, karena proses memasak dipengaruhi oleh sejumlah hal seperti jenis panci yang digunakan, titik didih minyak dan butter, juga besaran api di masing-masing kompor.

“Yang penting semua sisi matang. Tips untuk memanggang ikan, tidak boleh dibolak-balik terlalu sering. Pastikan bagian bawah sudah firm, baru kemudian dibalik ke sisi lainnya. Agar tidak ambrol,” ujarnya.

Adapun, bumbu yang digunakan untuk memasak Salmon Steak adalah bumbu-bumbu dasar sederhana. Ikan dilumuri garam dan merica, kemudian dimarinasi selama sekitar 15 menit. Sambil menunggu ikan siap dipanggang, siapkan side dish pelengkap berupa sayuran dan karbohidrat.

Siapkan wajan, tambahkan sekitar 1-2 sendok makan minyak goreng, kemudian masukkan butter. Masukkan ikan, kemudian tambahkan rosemary segar dan bawang putih utuh yang telah dikupas.

Setelah ikan matang dan diangkat ke piring, sayuran yang telah direbus dimasukkan ke bumbu yang tersisa di panci. Angkat dan tata semuanya di atas piring saji. Tambahkan saus gravy yang sudah disiapkan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper