Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinar Mas Land Garap Hotel Kelas Menengah di Semarang

Sinar Mas Land menyasar kelas menengah dengan meluncurkan hotel bintang tiga Rooms Inc. Hotel di Semarang.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, SEMARANG – Sinar Mas Land menyasar kelas menengah dengan meluncurkan hotel bintang tiga Rooms Inc. Hotel di Semarang.

CEO Retail and Hospitality Sinar Mas Land Alphonzus Widjaja mengatakan Rooms Inc. Hotel didesain untuk menyasar para kaum millennial, traveler dan kalangan pebisnis. Hotel ini pertama kali diperkenalkan dimulai dari Semarang. Sedangkan konsep yang diusung adalah pemenuhan kebutuhan smart urban.

“Zaman sekarang bikin apapun harus memberikan nilai lebih yang berkesan. Ada experience. Termasuk hotel,” kata Alphonzus di Semarang, Rabu (23/8/2017).

Sinas Mas Land sendiri menggelontorkan Rp90 miliar untuk hotel ini. Perusahaan juga tengah menyiapkan ekspansi ke kota menengah lainnya mulai tahun depan.

Setelah Semarang, di 2018  Sinar Mas land akan membangun Rooms Inc. Hotel di Balikpapan, Jabodetabek dan Surabaya. Hotel ini diharapkan juga dapat hadir di seluruh lokasi proyek yang sedang digarap oleh Sinar Mas Land.

Alphonzus mengatakan untuk lini retail dan hospitality dalam group ditarget menyumbang pendapatan Rp700 miliar – Rp800 miliar di 2017. Dari jumlah ini 70% diantaranya disumbang oleh jaringan mall, sedangkan sisanya sebesar 30% dari pendapatan lini bisnis hotel.  

Dia mengatakan saat ini perusahaan memiliki saham di hyatt dan Santika Premiere Ice BSD. Sedangkan jaringan hotel yang dikembangkan sendiri yakni Le Grandeur.

Walau terjadi perluasan market dengan Rooms Inc. Hotel, Alphonzus mengatakan pendapatan dari segmen hotel akan mengecil secara rasio. Pasalnya Sinar Mas Land tengah menyiapkan paling sedikit empat proyek mall besar. Keempat ini meliputi AEON Tanjung Barat serta AEON Delta Mas. Perusahaan juga menyiapkan dua proyek mall di bawah Sinar Mas Land.

“Juga beberapa lokasi [AEON mall] lainnya dalam negoisasi,” katanya.

Untuk tahun ini modal kerja yang disiapkan (capital expenditure/capex) yang disiapkan di 2017 mencapai Rp1 triliun. Sedangkan untuk 2018, Alphonzus mengatakan tengah dalam pembahasan.

 “Paling sedikit tahun depan kami mengerjakan dua hotel [Rooms Inc. Hotel] dan lima mal,” katanya.

Farianto Nocholas Sonda, Retail and Hospitality BU Service Head mengatakan dengan konsep yang diusung pihaknya menargetkan dapat memperoleh okupansi hingga 70% dalam masa awal beroperasinya Rooms Inc.

Dia mengatakan meski telah banyak hotel berbintang di Semarang, konsep nilai tambah yang diusung pihaknya diyakini akan membuat target dapat direalisasikan. Saat ini Rooms Inc. Semarang, Sinar Mas Land menginvestasikan Rp90 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper