Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GAGAL PANEN Picu Kenaikan Harga Beras di Cilacap

Harga beras di Pasar Gede, Cilacap, Jawa Tengah, beranjak naik karena pasokan dari petani minim akibat masa panen hampir berakhir.

Bisnis.com, CILACAP—Harga beras di Pasar Gede, Cilacap, Jawa Tengah, beranjak naik karena pasokan dari petani minim akibat masa panen hampir berakhir dan produksi gabah menurun seiring dengan maraknya serangan hama wereng di sejumlah wilayah.

"Kenaikan harga beras mulai berlangsung sejak akhir pekan kemarin," kata salah seorang pedagang, Yusuf di Cilacap, Senin (28/8/2017).

Ia mengatakan harga beras kualitas bawah atau rendah yang sebelumnya berkisar Rp8.400-Rp9.000 per kilogram, naik menjadi Rp8.750-Rp9.250/kg.

Sementara harga beras kualitas medium yang sebelumnya berkisar Rp9.250-Rp10.250/kg, naik menjadi Rp9.650-Rp10.750/kg.

Menurut dia, kenaikan harga juga terjadi pada beras kualitas premium I, yakni dari Rp12.000/kg menjadi Rp12.150/kg, sedangkan harga beras kualitas premium II masih bertahan di kisaran Rp11.250/kg.

"Kenaikan harga beras terjadi karena pasokan dari petani ke penggilingan mulai berkurang seiring dengan hampir berakhirnya masa panen. Di samping itu, produksi gabah menurun akibat maraknya serangan hama wereng," katanya.

Selain beras, kenaikan harga juga terjadi pada sejumlah kebutuhan masyarakat, antara lain bawang merah ukuran sedang naik dari Rp18.500/kg menjadi Rp19.000/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper