Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Produk Carica Wonosobo ke Thailand Belum Optimal

Ekspor manisan buah carica Wonosobo ke Thailand hingga saat ini belum bisa optimal karena terkendala bahan baku, kata pemilik CV Yuasa Food Berkah Makmur, Trisila Juwantara.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, WONOSOBO - Ekspor manisan buah carica Wonosobo ke Thailand hingga saat ini belum bisa optimal karena terkendala bahan baku, kata pemilik CV Yuasa Food Berkah Makmur, Trisila Juwantara.

"Permintaan manisan carica dari Thailand hingga sekarang belum bisa terpenuhi semua karena terkendala bahan baku yang terbatas," katanya di Wonosobo, Selasa (29/8/2017).

CV Yuasa Food Berkah Makmur telah mengekspor manisan carica dua kali ke Thailand pada Maret dan Juli 2017, masing-masing satu kontainer.

Trisila menuturkan dua kali ekspor tersebut sekaligus untuk mengetes ketersediaan bahan baku dan ternyata ada hal-hal yang harus dipersiapkan lebih matang lagi. Ia menuturkan hasil panen carica dari petani di kawasan Dieng selama ini hanya cukup untuk memenuhi konsumsi lokal.

"Agar bisa rutin mengeskspor volume panen harus ditingkatkan supaya tidak mengganggu kebutuhan lokal," katanya. Menurut dia, untuk meningkatkan volume bahan baku dari sisi lahan memungkinkan, namun belum semua petani berminat untuk melakukan budi daya carica.

Selama ini, pihaknya memperoleh bahan baku dari para petani di Kecamatan Kejajar, Wonosobo dan Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. "Di dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut tersebut berpotensi untuk menghasilkan carica," katanya.

Dalam satu bulan, pihaknya rata-rata dapat memproduksi manisan carica sekitar dua kontainer atau 7.000 kemasan karton untuk memenuhi pasar dalam negeri.

"Pemasaran produk kami di dalam negeri, antara lain ke Sumatera, sejumlah kota besar di Jawa, Bali, dan saat ini kami merintis pemasaran ke Nusa Tenggara Barat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper