Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Api Indonesia Survei Bersama Jalur Purwokerto-Wonosobo

PT Kereta Api Indonesia Persero dan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto melakukan survei bersama (joint survey) prareaktivasi jalur rel kereta api Purwokerto-Wonosobo.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, PURWOKERTO—PT Kereta Api Indonesia Persero dan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto melakukan survei bersama (joint survey) prareaktivasi jalur rel kereta api Purwokerto-Wonosobo, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Survei prareaktivasi yang dilaksanakan 27-29 Maret itu merupakan bagian dari studi kelayakan bisnis PT KAI," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018).

Ia mengatakan sebelum melaksanakan survei prareaktivasi, tim yang terdiri dari perwakilan manajemen Kantor Pusat PT KAI Persero dan PT KAI Daop 5 Purwokerto terlebih dulu mengumpulkan data pendukung untuk pembuatan prastudi kelayakan.

Data pendukung yang dikumpulkan terdiri atas data teknis, data aset dan data potensi angkutan berupa daerah bangkitan dan tarikan di wilayah rencana.

Sementara survei dilakukan dengan mendatangi beberapa lokasi seperti Stasiun Purwokerto, eks Stasiun Sokaraja, eks Stasiun Banjarsari, eks Stasiun Purbalingga dan lintas Singomerto-Wonosobo.

Tim survei juga mendatangi Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, terkait dengan adanya rencana pembangunan KA Bandara Jenderal Besar Soedirman.

"Survei bersama atau 'joint survey' dilakukan sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 dan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) Review Desember 2017," kata Ixfan.

Informasi yang dihimpun, operasional jalur KA Purwokerto-Wonosobo dihentikan sejak tahun 1978 karena dinilai kalah bersaing dengan moda transportasi lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler