Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Akhir Tahun, Telkomsel Jateng DIY Pasang 27 Mobile BTS

Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru, Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya.
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel/Telkomsel
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel/Telkomsel

Bisnis.com, SEMARANG - Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal hingga Tahun Baru, Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringannya.

Sebanyak 27 unit compact mobile base station(Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi di wilayah Jawa Tengah dan DIY. 

Selain itu secara khusus, Telkomsel membangun 776 BTS multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 63 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Ada 3 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan di wilayah Jawa Tengah dan DIY yakni Jl. Malioboro Yogyakarta, Simpang Lima Semarang dan Jl Slamet Riyadi Surakarta.

Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 6 titik yakni Grand Artos Magelang, Hartono Mall Yogyakarta, Hypermart Pekalongan, Pacific Mall Tegal, Moro Mall dan Rita Supermall Purwokerto.

General Manager ICT Operation Region Jateng & DIY Telkomsel Hersetyo Pramono mengatakan, memastikan kondisi jaringan tetap prima, Telkomsel telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan, sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun. 

Pihaknya secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, namun khusus untuk menghadapi natal dan tahun baru, kami membentuk team task force yang terdiri dari tim ICT dan Sales untuk melakukan sampling tes pelayanan di posko Naru dan drive test di wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian.

"Khusus untuk Jl. Malioboro Yogyakarta, kami menambahkan technology radio massive MiMountuk meng-handle super crowd yang diprediksi akan terjadi saat malam pergantian tahun, sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” kata Harsetyo dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis Rabu (19/12/2018). 

Dia menjelaskan pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 36.66 % dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 20 %.

Di sampimg itu pelanggan memanfaatkan layanan data untukberkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, sertabermain online games. 

Berbanding terbalik dengan layanan data, trafik layanan SMS diprediksi mengalami penurunan sekitar -3%, sedangkan trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar -0.3% dibandingkan hari biasa, hal ini dikarenakan adanya kenaikan peggunaan data untuk service OTT (on top technology) seperti WhatsApp, LINE dll.

Dari sisi pelayanan pelanggan, lanjutnya Telkomsel telah menyiagakan 43 Mobile GraPARI (MoGi) dan143 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 5 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY. 

"Bagi pelanggan yang terbiasa menggunakan layanan pesan instan, layanan self-serviceGraPARI Virtual siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7 x 24 jam yang dapat diakses melalui LINE, Facebook Messenger, dan Telegram," ujarnya. 

Ditambahkan, pada periode Desember 2018 hingga Januari 2019, Telkomsel juga menggelar beberapa program yang khusus dihadirkan untuk pelanggan.

Diantaranya adalah Pesta Akhir Tahun dengan membeli paket dan menukar Telkomsel Poin yang berhadiah Samsung J4, Yamaha NMAX, Honda HRV, hingga Mercy CLA.

Selain itu juga ada program Paket Data Deal 25 Gb, Paket Smartphone TAU Lite 6, serta Main Game Seru dengan bertransaksi di GooglePlay berhadiah langsung paket data 500Mb. 

"Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 184.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.  Lebih dari 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper