Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bus Trans Jawa, Perjalanan Jakarta-Solo Kini Lebih 'Nyenengke'

Keberadaan Bus Trans Jawa yang dioperasikan PT Putera Mulya Sejahtera, dimanfaatkan masyarakat yang biasa melakukan perjalanan Solo-Jakarta pulang-pergi.
Bus Trans Jawa Putera Mulya Sejahtera berada di Terminal Tirtonadi Solo, sebelum menuju Jakarta melalui tol Trans Jawa, Kamis (14/2). /JIBI-Bayu Jatmiko Adi.
Bus Trans Jawa Putera Mulya Sejahtera berada di Terminal Tirtonadi Solo, sebelum menuju Jakarta melalui tol Trans Jawa, Kamis (14/2). /JIBI-Bayu Jatmiko Adi.

Bisnis.com, SOLO – Keberadaan Bus Trans Jawa yang dioperasikan PT Putera Mulya Sejahtera, dimanfaatkan masyarakat yang biasa melakukan perjalanan Solo-Jakarta pulang-pergi.

Seperti yang dilakukan Wiyono, warga Gemolong, Sragen. Pada Kamis (14/2) malam, dia sudah sampai di Terminal Tirtonadi. Sekitar pukul 18.30 WIB dirinya sudah duduk di kursi paling depan sisi kiri di deck atas Bus Trans Jawa Putera Mulya Sejahtera.

Dia ke Jakarta karena Ibu Kota tempat mencari nafkah. Moda transportasi bus dipilih sebagai sarana transportasi karena lebih nyaman. Terlebih saat ini ada bus yang melayani perjalanan Solo-Jakarta melalui jalur tol.

Dia pun sengaja mencoba fasilitas transportasi tersebut. Dengan moda transportasi bus, dia mengaku lebih santai karena bisa menempuh perjalanan sambil menikmati pemandangan.

Pada Kamis pagi, dia memanfatkan pemberangkatan perdana Bus Trans Jawa tersebut dari Pulo Gebang, Jakarta Timur, menuju Solo. "Berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dari Pulo Gebang. Sampai Solo sekitar pukul 15.00 WIB. Nyenengke, jarak tempuhnya lebih singkat," tutur dia saat ditemui Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (14/2/2019).

Dia mengatakan dalam dua pekan bisa dua kali pulang pergi Jakarta-Solo. Jika menggunakan jalur nontol, bisa menghabiskan waktu 12 jam. Dengan dibukanya rute tol, menurutnya sangat menguntungkan sebab bisa pulang pergi Solo-Jakarta hanya dalam sehari saja.

Saat Wiyono menceritakan pengalamannya itu, ada penumpang lain yang juga dari Gemolong, Riyan, turut menimpali. "Bisa lebih [12 jam waktu tempuh Solo-Jakarta]," kata dia. Berbeda dengan Wiyono, Riyan baru pertama kali itu menaiki Bus Trans Jawa.
Dia juga belum mengetahui jika bus tersebut merupakan bus yang mengambil rute tol. "Saya justru belum tahu. Tapi yang jelas, saya mengejar waktu [agar sampai Jakarta lebih cepat]," kata dia.

Keberadaan Bus Trans Jawa juga cukup menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Terlebih dengan harga promo yang terjangkau. Salah satu warga Karanganyar, Lambang, mengaku sangat tertarik untuk mencoba menggunakan moda transportasi tersebut. "Ingin mencoba, apalagi masih ada promo, lebih murah," kata dia.

Pada Kamis malam itu, Bus Trans Jawa diberangkatkan untuk yang pertama kalinya dari Solo. Selain malam hari, bus double decker atau bus tingkat itu juga diberangkatkan pada pagi hari pukul 07.00 dari Solo. Sedangkan untuk siang hari, bus jurusan Jakarta diberangkatkan untuk rute reguler.

Pada pemberangkatan perdana tersebut, bus mengangkut sekitar 17 penumpang. "Ini nanti akan masuk tol melalui gerbang Colomadu. Keluar sebentar di Salatiga, kemudian masuk tol lagi," kata petugas kantor perwakilan PT Putera Mulya Sejahtera, Joni Santoso, Kamis.

Dia mengatakan untuk pemberangkatan bus dari Jakarta menuju Solo pada Kamis pagi, semua kursi yang tersedia hampir terisi penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bayu Jatmiko Adi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper