OJK Gandeng Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro di Semarang

PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (disebut FIFGroup), yang merupakan bagian dari Divisi Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Sunan Gunung Jati Ba’alawy, Semarang.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 24 Februari 2019  |  03:57 WIB
OJK Gandeng Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro di Semarang
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso usai meresmikan Bank Wakaf Mikro di Semarang. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG – PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (FIF Group), yang merupakan bagian dari Divisi Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Sunan Gunung Jati Ba’alawy, Semarang, Jawa Tengah, BWM kedua bagi Grup Astra.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Direktur Astra Suparno Djasmin, yang juga Director In Charge Astra Financial.

Adapun, tujuan pendirian BWM tersebut adalah guna mendukung program OJK untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan.

Sebelumnya, Astra dan salah satu anak perusahaan lainnya, PT Astra Sedaya Finance (lebih dikenal dengan nama ACC), yang tergabung dalam Astra Financial, menjadi donatur BWM Minhajut Thullab di Banyuwangi, Jawa Timur, yang diresmikan pada 28 Januari 2019.

“Selain ACC, perusahaan-perusahaan dalam Astra Financial seperti FIF Group dan PT Asuransi Astra Buana [Asuransi Astra] juga turut mendukung pendirian BWM sebagai donator bersama induk perusahaannya Astra,” tutur Direktur Astra International sekaligus Director In Charge Astra Financial Suparno Djasmin di Semarang Sabtu (23/2/2019).

Menurutnya, dengan peresmian BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy hari ini, Grup Astra telah mendukung pendirian BWM kedua dari 10 yang rencana pendiriannya didukung penuh Astra International dan anak perusahaannya yang tergabung dalam Astra Financial.

“Mudah-mudahan komitmen Astra dalam mendukung BWM ini bisa terlaksana dengan baik untuk dapat berperan aktif dalam berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat. Hal ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Suparno Djasmin, yang akrab dipanggil Abong.

Sementara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal.

Dia menjelaskan sampai Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 BWM yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami sudah memberikan izin pendirian terhadap 41 BWM. OJK menginginkan pembangunan BWM ini sebanyak-banyaknya untuk memajukan perekonomian masyarakat," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
astra, fif group

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top