Gandeng GKN, Kerjasama.com Garap Serius Pasar UKM di Jateng

Kerjasama.com resmi menggandeng Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) sebuah lembaga binaan dari Kementrian Koperasi dan UKM untuk mendongkrak pasar di sektor UKM.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 24 Juni 2019  |  18:01 WIB
Gandeng GKN, Kerjasama.com Garap Serius Pasar UKM di Jateng
Ketua DPP GKN Awang Dody Kardeli bersama CEO and Co/ Founder Kerjasama.com Gunawan Arifin melakukan usai melakukan penandatanganan Letter of Intent disaksikan oleh Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto di Semarang.

Bisnis.com, SEMARANG -Kerjasama.com resmi menggandeng Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) sebuah lembaga binaan dari Kementrian Koperasi dan UKM untuk mendongkrak pasar di sektor UKM. 

CEO and Co- Founder Kerjasama.com Gunawan Arifin mengatakan, permodalan masih menjadi kendala utama UKM untuk berkembang. Untuk itu, Kerjasama.com memberikan edukasi kepada pelaku UKM mengenai financial tekhnologi (fintech).

"Tujuan kami jelas membantu UKM untuk berkembang melalui peminjaman modal. Kami juga menggandeng GKN untuk memberikan rekomendasi UKM yang bisa diberikan pinjaman modal," kata Gunawan Senin (23/6/2019).

Menurutnya, menggarap pasar dari sektor UKM cukup menjanjikan. Pasalnya, peluang masih terbuka lebar untuk fintech masuk sebagai salah satu opsi permodalan bagi para pelaku UKM khususnya di Jawa Tengah.

"Jawa Tengah saya lihat cukup bagus ya, khusus di Semarang sebenarnya banyak sekali pemodal tapi masih bingung untuk menyalurkannya," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPP GKN Awang Dody Kardeli menuturkan, Jawa Tengah memiliki basis UKM yang cukup bagus terutama di kawasan Solo, Wonogiri dan Purwokerto. Untuk itu, dia optimistis industri UKM di Jateng akan terus tumbuh dan berkembang.

Di sisi lain, pihaknya juga terus melakukan pembinaan khusunya tekhnologi untuk pelaku UKM yang ada di luar Pulau Jawa.

"Kalau di Jawa UKM sudah bagus dan mandiri, makannya kita lakukan pendampingan pelaku UKM di luar Jawa agar melek tekhnologi," tambahnya.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM Rulli Nuryanto mengatakan, GKN terus membantu pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja kepada masyarakat. Sebab, pemerintah ingin menularkan semangat berwirausaha.

Terkait fintech Rulli menginginkan agar turut mengembangkan UKM melalui permodalan. Selain itu, industri fintech juga cukup menjanjikan, karena dari data Kementerian Kementerian Koperasi dan UKM 64,8% penduduk Indonesia terhubung ke internet.

"Fintech sangat bagus. 64,8% penduduk Indonesia terhubung dengan internet, jadi kedepan usaha platform digital tekhnologi informasi punya potensi besar untuk berkembang," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jateng, ukm

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top