KA Argo Lawu Fakultatif Beroperasi Lagi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta kembali menyediakan kereta tambahan untuk mengakomodasi lonjakan jumlah penumpang.
Farida Trisnaningtyas
Farida Trisnaningtyas - Bisnis.com 25 Agustus 2019  |  09:53 WIB
KA Argo Lawu Fakultatif Beroperasi Lagi
Ilustrasi. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta kembali menyediakan kereta tambahan untuk mengakomodasi lonjakan jumlah penumpang yang terjadi pada akhir pekan selama Agustus ini.

Hal ini lantaran load factor penumpang KA jarak jauh kerap naik drastis pada akhir pekan. Sebelumnya, Daops VI mengoperasikan KA Argo Lawu Fakultatif pada libur 17 Agustus lalu.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan KA jarak jauh tambahan kerap dioperasikan pada momen tertentu. Antara lain, Hari Raya Lebaran Idul Fitri, Tahun Baru, dan libur 17 Agustus lalu.

“Di wilayah Daops VI Yogyakarta KA tambahannya adalah KA Argo Lawu Fakultatif untuk keberangkatan 22,22, 29, dan 30 Agustus,” ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Sabtu (24/8/2019).

Lebih lanjut Eko menambahkan pengoperasian KA fakultatif ini bisa diperpanjang dengan mempertimbangkan animo masyarakat. Menurutnya, untuk KA Argo Lawu Fakultatif pada 22 Agustus lalu berangkat dari Stasiun Gambir pukul 21.15 WIB dengan perhentian terakhir Solo Balapan. Begitu halnya untuk keberangkatan 29 Agustus mendatang.

Sedangkan KA Argo Lawu Fakultatif keberangkatan 23 Agustus dari Stasiun Solo Balapan pukul 09.00 WIB. Ini juga berlaku untuk keberangkatan pada 30 Agustus mendatang.

Adapun kapasitas masing-masing KA kelas eksekutif ini sebanyak 500 tempat duduk yang terbagi dalam 10 gerbong. Di sisi lain, tiket KA ini bisa dipesan seluruh akses pemesanan tiket, baik melalui aplikasi KAI Access atau loket di stasiun keberangkatan. Sementara untuk harga tiket ini mulai Rp400.000.

“Biasanya KA reguler pada akhir pekan ini sudah habis tiketnya. Makanya, kami operasikan KA tambahan ini untuk mengangkut lonjakan penumpang khususnya saat akhir pekan. Ini tak terlepas dari animo masyarakat untuk naik kereta api yang semakin banyak,” imbuhnya.

Selain KA Argo Lawu Fakultatif, tersedia juga KA Purwosari untuk keberangkatan pada 25 dan 26 Agustus. KA Purwosari untuk 25 Agustus, kereta berangkat dari Stasiun Purwosari tujuan Pasar Senen pada pukul 06.20 WIB. Sedangkan untuk 26 Agustus kereta berangkat dari Stasiun Pasar Senen tujuan akhir Stasiun Purwosari pukul 00.15 WIB. Adapun harga tiket KA Purwosari untuk kelas bisnis dan eksekutif ini mulai Rp230.000.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kereta api

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top