Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Haramkan Rumah Sakit Provinsi Tolak Pasien

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharamkam jika tujuh rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menolak pasien.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Bisnis.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharamkam jika tujuh rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  menolak pasien.

Pernyataan itu disampaikan dengan tegas pada saat Grand Opening RSU Syubbanul Wathon yang dilakukan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, Kamis (7/11/2019).

"Rumah sakit provinsi saya haramkan menolak pasien. Apapun kondisinya, semiskin apapun, negara harus bertanggungjawab," kata Ganjar melalui siaran persnya.

Ganjar berharap, langkah yang sama juga dilakukan RS Syubbanul Wathon. Sehingga, kehadiran rumah sakit di kawasan Magelang Timur itu benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Di samping itu, Ganjar juga meminta agar RSU Syubbanul Wathon tidak hanya pasif menerima pasien. Dia menginginkan agar RSU Syubbanul Wathon juga mampu menggerakkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. 

"Minimal cuci tangan sebelum makan. Berikutnya menjaga lingkungan agar tetap bersih, terutama soal sampah. Ini problem sangat serius," ujarnya.

Apabila pihak RSU Syubbanul Wathon bisa menjadi agen kesehatan, maka akan sangat membantu menyelesaikan banyaknya PR pemerintah di bidang kesehatan. Seperti stunting, angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berharap keberadaan RSU Syubbanul Wathon bisa memberikan  layanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Tidak hanya dari sisi kuratif, tapi yang terpenting justru promotif.

"Saya sepakat dengan Pak Gubernur (Ganjar Pranowo), mudah-mudahan rumah sakit bisa memberikan pelayanan optimal. Tidak hanya menangani orang sakit, tapi juga melakukan upaya-upaya pencegahan. Promotif lebih penting supaya tidak banyak orang yang sakit. Oleh karena itu perlu digalakkan Germasnya. Gerakan masyarakat hidup sehat," jelasnya.


Pada kesempatan itu, Wapres juga mengapresiasi berdirinya RSU Syubbanul Wathon yang berdiri atas kerja sama Pengurus Besar Nadhlatul Ulama, Yayasan Syubbanul Wathon dan Siloam Hospitals Group sebagai bagian dari Lippo Group. Itu merupakan wujud gotong royong yang menjadi ciri khas Indonesia.

"Di negara lain saya kira tidak ada. Ini kelebihan Indonesia, atau yang kita sebut sebagai kearifan lokal yang harus kita jaga," ajak Wapres

Ketua Yayasan Syubbanul Wathon yang juga Pengasuh Pesantren API Salaf Tegalrejo, Magelang, KH Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) menyampaikan terima kasih atas perkenan Wapres Ma'ruf Amin untuk meresmikan rumah sakit yang soflaunchingnya sudah dilakukan Januari lalu.

Kehadiran Wapres menunjukkan pemerintah memberikan perhatian serius, meski hanya meresmikan rumah sakit berskala kecil di daerah.

"Kehadiran Pak Wapres, Pak Gub, Menkes membesarkan hati kami dan memberikan semangat serta doa, agar perjalanan rumah sakit ini ke depan membawa manfaat bagi warga pesantren maupun masyarakat Magelang," harapnya

Sebagai informasi, RSU Syubbanul Wathon merupakan rumah sakit tipe C yang dibangun di atas lahan seluas 4.800 meter persegi, dengan bangunan tiga lantai seluas 6.000 meter persegi. Rumah sakit Syubbanul Wathon dilengkapi dengan peralatan kesehatan modern, memiliki 12 dokter spesialis, 7 dokter umum dan perawat bersertifikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper