Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Elpiji di Jawa Tengah Ditambah 7,9 Persen

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2020 akan menambah stok LPG sebanyak 7,9%.
Ilustrasi./Bisnis-Endang Muchtar
Ilustrasi./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, SEMARANG — Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2020 akan menambah stok LPG sebanyak 7,9%.

General Manager Pertamina MOR IV Iin Febrian mengatakan penambahan 7,9% tersebut dari rataan harian normal sebesar 3.867 Metric Ton (MT) menjadi 4.174 Metric Ton. Sedangkan untuk kesiapan stok LPG khususnya di wilayah Jawa Tengah.

"Untuk PSO akan ditambah sebanyak 6% dari rataan normal yaitu 3.138 MT menjadi 3.326 MT dan LPG Non PSO ditambah sebanyak 30,8% dari 244 MT menjadi 319 MT," kata Iin, Rabu (11/12/2019).

Dia menambahkan tedapat 4.755 Pangkalan LPG PSO serta 490 outlet LPG Non PSO di Jawa Tengah yang akan tetap buka di tanggal merah/hari libur dengan mempertimbangkan waktu ibadah. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Sementara itu, untuk kesiapan SATGAS Pertamina MOR IV di tahun ini mendapat tantangan baru karena arus wisatawan yang akan datang ke wilayah Jawa Tengah menggunakan jalur darat diprediksi akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Semenjak dibukanya tol Trans Jawa, wilayah kerja Petamina MOR IV di Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat yang ingin berlibur akhir tahun karena dapat dijangkau dengan mobil pribadi secara cepat. Selain menambah stok, kami juga mengoptimalkan pelayanan BBM dan LPG di seluruh wilayah operasional," ujarnya.

Untuk pelayanan di jalan tol trans Jawa (utara), Pertamina menyiapkan sebanyak 21 titik pelayanan BBM yaitu sebanyak 6 titik kios Mobile Dispencer, 4 titik kios kemasan, 4 titik SPBU modular dan 7 titik SPBU regular. Sedangkan untuk di jalur selatan Pertamina akan menyediakan 2 titik kios kemasan dan 2 Pertashop.

Strategi-strategi memperkuat ketahanan distribusi yang dilakukan adalah dengan menyiagakan selama 24 jam suplai point BBM yaitu 7 Terminal BBM (fuel terminal) dengan didukung sebanyak 458 Armada Mobil Tangki. Sama hal nya dengan LPG, yaitu dengan menyiagakan 2 Depot LPG selama 24 jam dan juga di dukung oleh 22 SPPBE (Stasiun Pusat Pengisian Bulk Elpiji) untuk siaga selama masa libur ini. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper