Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perundungan Siswi SMP Purworejo, Ganjar Setuju Pelaku Dihukum Seperti Ini

Ganjar Pranowo setuju dengan usulan warganet agar pelaku perundungan (bullying) di sebuah SMP, Kabupaten Purworejo, yang masih di bawah umur agar mengikuti pendidikan kemiliteran selama beberapa bulan. Dengan begitu para pelaku menjadi jera.
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG - Kasus perundungan atau bullying berupa penyerangan secara fisik di sebuah SMP di Purworejo menjadi kabar viral di media sosial, salah satunya facebook. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun telah turun tangan.

Tak hanya itu, Ganjar Pranowo setuju dengan usulan warganet agar pelaku perundungan (bullying) di sebuah SMP, Kabupaten Purworejo, yang masih di bawah umur agar mengikuti pendidikan kemiliteran selama beberapa bulan. Dengan begitu para pelaku menjadi jera.

"Menurut saya, hal itu [hukuman mengikuti pendidikan kemiliteran] akan lebih mengena daripada mereka dihukum seperti pelaku pidana lainnya," kata Ganjar Pranowo di Semarang, Kamis (13/2/2020).

 Menurut Ganjar ada juga pihak yang mengusulkan agar para pelaku dihukum dengan cara sosial.

"Karena yang menjadi korban perundungan adalah siswi penyandang disabilitas, pelaku diminta menjadi sukarelawan di yayasan atau rumah difabel," ujar Ganjar.

Ganjar menyebutkan pengelola Rumah Disabilitas di Kota Semarang mengusulkan para pelaku menjadi sukarelawan di rumah penyandang disabilitas sehingga yang bersangkutan bisa mengerti dan muncul kepekaannya.

"Saya saja sampai merinding mendengar usul ini," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Menurut Ganjar, kedua usulan di atas lebih pantas diberikan kepada para pelaku perundungan yang masih di bawah umur.

"Efek jeranya bisa kena, akan tetapi, dengan cara yang baik. Mudah-mudahan mereka akan tersentuh dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi," ujar Ganjar.

Mayoritas warganet mengecam perlakuan pelaku perundungan dan meminta agar pelaku dihukum seberat-beratnya, bahkan dikeluarkan dari sekolah.

Kendati demikian, Ganjar kurang sepakat dengan usulan itu.

Meski mengecam pelaku perundungan, Ganjar mempertimbangkan masa depan pelaku yang masih anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler