Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Identifikasi Pasien Corona di Jateng Makin Cepat

Hal ini dikarenakan, pemerintah provinsi sudah mengumumkan bahwa B2P2VRP sebagai laboratorium penelitian virus Corona. Sebelumnya, penelitian harus dilakukan di Yogyakarta.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  14:24 WIB
Tenaga medis memegang termometer di kawasan rumah sakit di Brescia, Italia, Jumat (13/3/2020). Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Italia cukup signifikan dengan pertumbuhan jumlah kematian pasien yang mencapai 14 persen. Bloomberg - Francesca Volpi\n
Tenaga medis memegang termometer di kawasan rumah sakit di Brescia, Italia, Jumat (13/3/2020). Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Italia cukup signifikan dengan pertumbuhan jumlah kematian pasien yang mencapai 14 persen. Bloomberg - Francesca Volpi\\n

Bisnis.com, SEMARANG - Di tengah tren meningkatnya pasien yang positif terpapar virus Corona (Covid-19) di Jawa Tengah (Jateng), penanganan virus corona di Jawa Tengah dipastikan semakin cepat.

Pasalnya Kementerian Kesehatan telah menunjuk Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga sebagai laboratorium penelitian virus Corona.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo cukup optimistis, penunjukan B2P2VRP Salatiga akan mempercepat identifikasi pasien yang diduga terjangkit corona. Apalagi selama ini pengecakan harus ke Jakarta atau Yogyakarta seperti yang selama ini dilakukan.

“Kemenkes sudah menunjuk Lembaga B2P2VRP Salatiga ini sebagai tempat pengecekan Corona. Ini bisa membantu seluruh rumah sakit yang ada di Jateng untuk melakukan pengecekan,” kata Ganjar dalam keterangan resminya, Kamis (26/3/2020).

Ganjar menambahkan di laboratorium itu, pengecekan dapat dilakukan hanya dalam hitungan jam. Apabila sampel tiba sebelum pukul 12.00 WIB, maka hasil pengecekan sampel bisa diketahui pada sore hari.

Sementara jika melebihi jam 12.00 WIB, maka hasilnya bisa diketahui pada hari berikutnya. "Namun apapun itu, ini progres yang sangat bagus untuk melakukan percepatan. Diambil minimalnya, di sini bisa melakukan pengecekan maksimal dua hari saja,” tegasnya.

Adapun kecepatan dalam pengecekan virus corona sangat penting. Dengan hasil laboratorium yang cepat, maka dapat diambil tindakan yang tepat terhadap pasien. Hasil pengecekan ini yang menentukan perlakuan terhadap pasien.

" Jadi semakin cepat hasil didapat, akan semakin baik,” tegasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ganjar pranowo Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top