Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gunung Kidul Melanjutkan Uji Coba Pembukaan Objek Wisata

Pemda menilai sektor pariwisata adalah roda penggerak perekonomian masyarakat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Juli 2020  |  15:06 WIB
Wisatawan bermain di pantai Sadranan Dusun Pulegundes, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Selasa (7/7/2020). Sejumlah wisata pantai selatan di kabupaten Gunungkidul telah dibuka kembali untuk umum setelah ditutup selama pandemi Covid-19 sejak empat bulan lalu dan mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. - Antara/Anis Efizudin
Wisatawan bermain di pantai Sadranan Dusun Pulegundes, Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Selasa (7/7/2020). Sejumlah wisata pantai selatan di kabupaten Gunungkidul telah dibuka kembali untuk umum setelah ditutup selama pandemi Covid-19 sejak empat bulan lalu dan mulai ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. - Antara/Anis Efizudin

Bisnis.com, GUNUNG KIDUL - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tetap melanjutkan uji coba pembukaan objek wisata dengan jumlah pengunjung terbatas meski kasus Covid-19 di wilayah ini bertambah banyak.

"Pemkab setempat tetap melanjutkan uji coba itu karena sektor pariwisata adalah roda penggerak perekonomian masyarakat," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono di Gunung Kidul, Sabtu (25/7/2020).

Terkait dengan lonjakan kasus positif Covid-19, Harry Sukmono mengatakan bahwa pihaknya tetap melakukan uji coba terhadap sejumlah kawasan objek wisata. Kendati demikian, akan lebih ketat dalam menerapkan standar operasional pelaksanaan (SOP) protokol kesehatan bidang pariwsata.

"Sementara masih kami lakukan uji coba dengan pengetatan sesuai dengan Surat Edaran Dinas Pariwisata DIY sehingga tidak terjadi penutupan di kawasan wisata. Meski begitu, kami berharap pengunjung tetap mengutamakan protokol kesehatan," kata Harry Sukmono.

Dengan adanya lonjakan kasus positif ini, sebenarnya juga berdampak pada rasa waswas petugas yang bersinggungan langsung dengan wisatawan. Meskipun sejak dari awal petugas di TPR, misalnya, telah melakukan protokol dengan penggunaan alat pelindung diri.

Untuk itu, dia berharap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan rapid test atau swab terhadap sejumlah petugas. Hal ini karena Dispar tidak memiliki anggaran untuk tes tersebut.

Seperti diketahui, Pemkab Gunung Kidul melanjutkan uji coba pembukaan objek wisata secara terbatas yang akan berakhir pada hari Jumat (31/7).

Adapun objek wisata yang dibuka, antara lain Kali Suci, Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron-Kukup dan sekitarnya, destinasi digital geosite Ngingrong, kawasan Pantai Buron Gesing, Kesirat serta teras kaca, Pantai Timang, Pantai Sundak, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, dan Pantai Drini.

Berikutnya, Bukit Kosakora, Pantai Slili, Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Wedi Ombo, Pantai Watu Lumbung, Pantai Krakal, Watu Gupit obyek wisata Puncak Segoro, Geoforest Watu Payung, Turunan Panggang, dan air terjun Sri Getuk, Bleberan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata gunung kidul

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top