Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Lahir Ke-95 NU, Gubernur Ganjar Sebut Kiai Kampung Turut Edukasi Covid-19

Ganjar menilai ada banyak hal yang menjadikan NU berhak mendapat penghormatan pada hari lahirnya seperti adanya Hari Santri.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo./Antararn
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo./Antararn

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Nahdlatul Ulama (NU) mempunyai peran penting dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"NU telah banyak memberikan kontribusi terhadap semangat nasionalisme. Organisasi yang didirikan oleh Kiai Haji Hasyim Asyari ini berperan dalam menjaga NKRI dan mengedukasi masyarakat tanpa meninggalkan nilai-nilai agama," kata Ganjar di Semarang, Minggu (31/1/2021).

Oleh karena itu, Ganjar menilai ada banyak hal yang menjadikan NU berhak mendapat penghormatan pada hari lahirnya seperti adanya Hari Santri yang merupakan wujud penghormatan terhadap NU.

"Hari Santri itupun wujud penghormatan negara terhadap NU yang telah memberikan semangat nasionalisme," ujarnya menyampaikan selamat Hari Lahir ke-95 Nahdlatul Ulama.

Ganjar mengaku, selama ini telah menjalin komunikasi dengan NU, baik secara personal tokoh maupun struktural organisasi bahkan hingga ke Badan Otonom NU, seperti Ansor, IPNU, dan IPPNU.

"Kita sering terlibat bersama NU dan Banomnya dalam kegiatan-kegiatan sosial. Dalam konteks pandemi, NU ikut serta dalam Program Jogo Santri Jogo Kiai, bukan hanya soal kesehatan, tapi juga edukasi protokol kesehatan dan membangun ekonomi kalangan pondok pesantren," ujarnya.

Orang nomor satu di Jateng itu juga selalu melibatkan kalangan tokoh agama dalam menentukan kebijakan dan arah pembangunan.

"Iya, kita selalu melibatkan tokoh agama. Kita juga memberi perhatian pondok pesantren serta guru-guru," katanya.

NU, lanjut Ganjar, bahkan tidak terpisahkan dengan kultur sosial masyarakat salah satunya adalah kiai kampung yang berperan aktif dalam mengedukasi terutama persoalan pandemi Covid-19.

"Saya tidak menduga, jika kiai kampung yang notabene kalangan NU berperan penting dalam mengedukasi masyarakat secara langsung," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengaku terenyuh dengan banyaknya kiai dan ulama yang meninggal, karena Covid-19, sehingga menurutnya perlu ada gerakan saling menjaga terutama di kalangan pondok pesantren.

"PBNU telah merilis jumlah kiai yang meninggal cukup banyak, jadi ini menjadi perhatian kita," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper