Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Jateng Gelar Pameran UMKM Gayeng di Dua Negara

Sebanyak 52 UMKM asal Jawa Tengah mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dalam UMKM Gayeng 2021 yang menyelenggarakan pameran di Mal Paragon Semarang dan Suntec City Mall Singapura.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 28 April 2021  |  12:08 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso memberikan sambutan saat membuka acara UMKM Gayeng Monco Negoro, Rabu (28/4/2021). Acara ini diselenggarakan di Semarang dan Singapura, yang bertujuan membuka akses pasar bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk dapat menjangkau pasar domestik maupun internasional. (Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan)
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Pribadi Santoso memberikan sambutan saat membuka acara UMKM Gayeng Monco Negoro, Rabu (28/4/2021). Acara ini diselenggarakan di Semarang dan Singapura, yang bertujuan membuka akses pasar bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk dapat menjangkau pasar domestik maupun internasional. (Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan)

Bisnis.com, SEMARANG — Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah mengadakan pameran UMKM Gayeng Monco Negoro dengan tajuk “Artisan Jawa Tengah Go Internasional”.

Sebanyak 52 UMKM asal Jawa Tengah mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dalam UMKM Gayeng 2021. Acara pameran dilaksanakan di dua tempat sekaligus. Sebanyak 28 UMKM berpameran di Mal Paragon Semarang, sedangkan 24 UMKM membuka booth penjualan di Suntec City Mall Singapura guna menjemput calon pembeli dari mancanegara.

Pribadi Santoso, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, menyebutkan bahwa acara tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia, khususnya dari Jawa Tengah, kepada pasar yang lebih luas.

Singapura dipilih sebagai lokasi pameran karena negara tetangga tersebut memiliki peran strategis bagi pemasakan produk UMKM Indonesia. “Singapura adalah hub perdagangan yang sangat penting di Asia, sehingga dapat membuka akses bisnis bagi UMKM,” ujarnya saat membuka acara pameran, Rabu (28/4/2021).

Pameran UMKM Gayeng Monco Negoro dilangsungkan sebagai upaya Bank Indonesia untuk meningkatkan kinerja ekonomi khususnya di Jawa Tengah. Pasalnya, hingga saat ini, dampak pandemi Covid-19 masih terus menghantui perekonomian nasional.

Menurut Pribadi, perkembangan ekonomi domestik masih lemah, aktivitas belanja masyarakat belum pulih dan normal akibat dampak pandemi. Oleh karena itu, momentum pemulihan ekonomi global mesti bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia, salah satunya dengan meningkatkan nilai ekspor produk-produk asli daerah. Pasalnya, konsumen mancanegara memiliki minat yang tinggi akan produk buatan Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari animo pengunjung UMKM Gayeng Monco Negoro di Singapura. Pribadi menjelaskan bahwa ada ratusan pengunjung yang telah mampir ke pameran tersebut. Dalam 5 hari pertama pelaksanaannya, konsumen tak hanya melakukan transaksi pembelian di lokasi tapi sebagian bahkan telah melakukan pemesanan secara pre-order.

Pribadi mengungkapkan bahwa produk home decor dan fesyen menjadi salah satu jenis produk UMKM yang laris di Singapura. “Permintaan untuk home decor ini juga sangat tinggi, tidak hanya di Singapura, tapi juga di tempat lain seperti Australia,” tambahnya.

UMKM Gayeng Monco Negoro di Singapura telah diselenggarakan sejak 16 April hingga 23 Mei 2021. Sementara itu, di Semarang, acara akan dilaksanakan pada 28 April hingga 2 Mei 2021. 

Selain produk kerajinan, acara tersebut juga ikut memamerkan produk fesyen, makanan dan minuman, serta furnitur dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Pengunjung juga dapat melihat berbagai produk yang dipamerkan secara daring melalui laman http://bit.ly/gayeng2021


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia umkm
Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top