Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekor! Kasus dan Kematian Akibat Covid-19 di Jateng Tertinggi se-Indonesia

Pada 1 Agustus 2021, penambahan kasus Covid-19 secara harian di Jawa Tengah mencapai 4.234. Angka tersebut jadi tertinggi secara nasional. Tak hanya itu, angka kematian harian akibat Covid-19 di Jawa Tengah juga catatkan rekor serupa.
Grafik perkembangan penambahan kasus Covid-19 secara harian di Jawa Tengah per 1 Agustus 2021 - Istimewa/Satgas Penanganan Covid-19
Grafik perkembangan penambahan kasus Covid-19 secara harian di Jawa Tengah per 1 Agustus 2021 - Istimewa/Satgas Penanganan Covid-19

Bisnis.com, SEMARANG – Penambahan kasus Covid-19 harian di Jawa Tengah (Jateng) tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, per Minggu (1/8/2021), penambahan kasus harian di Jawa Tengah dilaporkan mencapai 4.234 kasus. Sementara itu, jumlah kasus secara kumulatif 386.121 kasus.

Selain mencatatkan rekor penambahan kasus harian terbanyak, pada periode yang sama, Jawa Tengah juga mencatatkan penambahan kasus kematian harian terbanyak.

Dilaporkan, penambahan kematian akibat Covid-19 di Jawa Tengah mencapai 345 kasus.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, per 1 Agustus 2021, jumlah kematian akibat Covid-19 di wilayah tersebut mencapai 23.528 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, menyebut bahwa 40 persen pasien Covid-19 yang meninggal berusia 40 tahun ke atas.

Dikatakan, bahwa Covid-19 varian Delta menyumbang angka kematian terbanyak di Jawa Tengah.

Vaksinasi diharapkan mampu menekan angka kematian tersebut.

“Diharap vaksinasi yang dilaksanakan Pemkab/Pemkot, TNI, Polri, mengutamakan atau mendahulukan [masyarakat] pra-lansia dan lansia [umur 40 tahun ke atas,” jelasnya, Sabtu (31/07/2021).

Pusat Sebaran

Penyebaran Covid-19 di Jawa Tengah masih berpusat di sejumlah kota besar, seperti di Kota Semarang. Jumlah kasus terkonfirmasi di wilayah tersebut mencapai 31.830 orang. Angka tersebut jadi yang terbanyak di Jawa Tengah.

Selain Kota Semarang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Klaten juga menjadi wilayah dengan jumlah kasus kumulatif terbanyak. Jumlah kasus Covid-19 yang telah terkonfirmasi di wilayah tersebut dilaporkan masing-masing di angka 22.278 kasus dan 17.282 kasus.

Untuk mendukung penanganan kasus Covid-19 di Jawa Tengah, sejumlah daerah telah menyalurkan beberapa bantuan, baik berupa alat kesehatan hingga sembako. Di Kota Surakarta, bantuan berupa oksigen gratis telah didistribusikan kepada warga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, menjelaskan, bahwa pembagian oksigen gratis tersebut ditujukan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

 “Ini kita dibantu Pak Danrem yang bekerjasama dengan Langgeng Gas, untuk membantu masyarakat Solo yang kekurangan oksigen,” katanya seperti dikutip dalam Jatengprov.go.id, Sabtu (31/07/2021).

Sementara itu, pada Jumat (30/07/21), 150 santri di Temanggung telah divaksinasi. Hal tersebut merupakan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan Kodim 0706/Temanggung.

“Vaksinasi kali ini yang kita sasar adalah santri yang belum divaksin. Memang ada sebagian santri yang sudah divaksin oleh Kemenag, yang belum kita lakukan hari ini,” jelas Komandan Kodim 0706/Temanggung, Letkol Czi Kurniawan Hartanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper