Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Semarang Padati Simpang Lima Untuk Salat Id

Selain warga Kota Semarang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ikut melaksanakan ibadah salat Id di lokasi tersebut.
Suasana pelaksanaan ibadah salat Idulfitri di Kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Senin (2/5/2022)./Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan.
Suasana pelaksanaan ibadah salat Idulfitri di Kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Senin (2/5/2022)./Bisnis-Muhammad Faisal Nur Ikhsan.

Bisnis.com, SEMARANG – Warga Kota Semarang memadati Lapangan Pancasila yang berlokasi di Kawasan Simpang Lima untuk melaksanakan Ibadah Salat Idulfitri pada Senin (2/5/2022). Jemaah datang berbondong-bondong dari berbagai arah. Sebagian besar datang bersama keluarga besar.

Ulil Abshor Al-Hafidz menjadi imam pada pelaksanaan ibadah Salat Idulfitri di lokasi tersebut. Sementara itu, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Abdul Djamil ditunjuk sebagai khatib.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, mengikuti pelaksanaan ibadah salat Id tersebut dari saf depan. Selepas pelaksanaan salat Id, Ganjar langsung diserbu para jemaah yang berebut untuk berfoto bersama maupun sekedar bersalaman.

“Tentu suasananya sangat menggembirakan dan khatib hari ini memberikan pesan buat kita semuanya bahwa Islam rahmatan lil alamin bisa ditunjukkan dengan perilaku tidak menyebar hoax, dengan menjaga persatuan, dengan memberikan nilai-nilai kebaikan. Ini sesuatu yang menurut saya luar biasa, yang bisa didengar setelah dua tahun kita tidak bisa mengikuti salat Idulfitri berjamaah seperti ini,” ucap Ganjar, Senin (2/5/2022).

Ganjar menyebut pelaksanaan protokol kesehatan di lokasi tersebut sudah cukup baik. Meskipun masih ada jemaah yang belum disiplin, namun terlihat sebagian besar peserta salat Idulfitri telah mengenakan masker serta membawa peralatan ibadah dari rumah masing-masing.

Ganjar juga menyampaikan pesan khusus bagi para pemudik yang telah tiba di kampung halamannya di Jawa Tengah.

“Pasti setelah ini akan piknik, pasti setelah ini akan bertandang ke keluarga. Saya titip pesan, tetap jaga protokol kesehatan. Yang paling simple satu, pakai maskernya,” jelasnya.

Sebagai informasi, Lebaran tahun ini menjadi tahun pertama salat Id berjamaah kembali digelar di Lapangan Pancasila. Pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan ibadah dilakukan secara terbatas akibat pandemi Covid-19. Masjid Raya Baiturrahman sendiri pada 2021 lalu hanya menggelar ibadah salat Id secara terbatas di area masjid.

Pada perkembangan lainnya, pelaksanaan salat Idulfitri di Kota Semarang berpusat di beberapa titik. Selain di Kawasan Simpang Lima, Balai Kota Semarang, Hendrar Prihadi Wali Kota Semarang bersama Forkopimda Kota Semarang juga menggelar ibadah Salat Id.

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) serta Masjid Agung Semarang (MAS) atau lebih dikenal dengan nama Masjid Gede Kauman juga menggelar ibadah salat Idulfitri yang dimulai sejak pukul 6.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper