Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Orijin Self Photo Studio Buka Outlet di Pollux Mall Paragon Semarang

Pertama kali dibuka di Bandung pada Februari 2023, Orijin Self-photo Studio bergerak cepat ke Tasikmalaya dan Semarang.
Pengunjung sedang berpose di Orijin Self-photo Studio Semarang, Sabtu (29/7/2023). Orijin membuka outlet ketiganya di area Lower Ground Pollux Mall Paragon Semarang. /Bisnis - Farodlilah M.
Pengunjung sedang berpose di Orijin Self-photo Studio Semarang, Sabtu (29/7/2023). Orijin membuka outlet ketiganya di area Lower Ground Pollux Mall Paragon Semarang. /Bisnis - Farodlilah M.

Bisnis.com, SEMARANG — Orijin Self-photo Studio membuka outlet terbarunya di Pollux Mall Paragon Semarang. Studio foto mandiri ini membawa tren yang sedang populer di Korea Selatan ke beberapa kota di Indonesia.

Pertama kali dibuka di Bandung pada Februari 2023, Orijin bergerak cepat ke Tasikmalaya dan Semarang. Dalam waktu dekat, studio foto ini akan dibuka di Mall Cijantung Jakarta.

Mochammad Rizaldy Insan Baihaqqy, owner sekaligus pendiri Orijin, menargetkan akan membuka total 10 outlet pada tahun ini. Setelah Bandung, Tasikmalaya, Semarang dan Jakarta, ia akan memperluas pasar ke Cirebon, Malang, Surabaya, Jember, Medan, Banjarmasin, Makassar, Balikpapan, dan Medan.

“Untuk outlet kesepuluh masih tentatif antara Medan atau Tangerang. Kami pilih kota-kota yang banyak populasi anak muda,” ujarnya, Sabtu (29/7/2023).

Riza, panggilan akrab Rizaldy, mengatakan bahwa ide bisnis membuka foto studio mandiri ini didapatkan saat sedang pergi ke Korea Selatan. Ia melihat peluang pengembangan bisnis itu di Indonesia, karena budaya Korea yang sedang tren di Tanah Air.

Awalnya ia bermitra dengan seorang rekan untuk membuka foto studio mandiri pertama di Bandung, dan sudah berhasil membuka beberapa outlet. Pada tahun ini, ia memutuskan untuk mendirikan Orijin dengan manajemen dan sistem bisnis yang baru sesuai dengan idealisme pribadinya.

Dalam mengembangkan Orijin, Riza memberdayakan anak-anak muda broken home untuk dilatih menjadi kru yang andal. Ia merekrut mereka agar tidak hanya menjadi pegawai, tetapi sekaligus memberi kesempatan untuk berperan aktif mengelola outlet.

Setiap outlet dipimpin oleh seorang captain. Ia bertanggung jawab sebagai manajer sekaligus menjadi perpanjangan tangan owner yang berhak mengusulkan dan menentukan ide-ide pengembangan outlet.

Riza mengakui bahwa bisnis studio foto mandiri harus dikelola secara inovatif agar para pelanggan tidak lekas bosan. Oleh karena itu, ia selalu menantang para pengelola outlet untuk terus mengikuti tren yang berkembang di kalangan anak-anak muda. Setiap tiga bulan sekali, setting studio foto tersebut diubah untuk menyesuaikan tren.

“Untuk hype studio foto mandiri seperti ini saya prediksi masih akan stabil sampai dengan tiga tahun ke depan. Dengan catatan bahwa kita terus melakukan inovasi, seperti background yang disesuaikan dengan tren. Misalnya di Bandung sekarang lagi rame background foto bling bling dan bubble, sebelumnya background polos,” katanya.

Inovasi bisnis juga dilakukan dengan memperluas jenis produk dan layanan. Saat ini, Riza sedang menjajaki kemungkinan berbisnis street-wear ala Orijin yang menyasar target pasar anak-anak muda pengunjung studio foto tersebut.

Outlet Orijin di Semarang berlokasi di area Lower Ground Pollux Mall Paragon Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper