Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lokomotif Tua jadi Ikon Baru Stasiun Solo Balapan

Stasiun Solo Balapan, salah satu stasiun kereta api yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah, telah mengalami perubahan yang signifikan.
Monumen Lokomotif D 301 76./Ist
Monumen Lokomotif D 301 76./Ist

Bisnis.com, BANDUNG — Stasiun Solo Balapan, salah satu stasiun kereta api yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah, telah mengalami perubahan yang signifikan. 

Upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempercantik lingkungan sekitar stasiun ini telah dilakukan oleh KAI Daop 6 Yogyakarta dengan meresmikan Monumen Lokomotif D 301 76 pada Sabtu (7/10/2023) lalu. 

Peresmian monumen lokomotif ini dilakukan oleh berbagai pihak, seperti KGPAA Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, serta EVP Daop 6 Yogyakarta, Bambang Respationo.

Dalam sambutannya, KGPAA Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya yang dilakukan oleh KAI. 

Ia mengatakan KAI adalah perusahaan yang inovatif dan progresif dalam kemajuan transportasi kereta api, tetapi yang membuatnya unik adalah komitmennya untuk melestarikan sejarah. 

"Ini merupakan langkah awal yang menandai kerjasama yang baik antara KAI, Pemerintah Kota Surakarta, dan Pura Mangkunegaran dalam menghidupkan kenangan masa lalu sebagai ikon Kota Solo. Harapannya, kerja sama ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar di masa depan," ungkapnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (9/10/2023). 

Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI, menekankan hubungan erat antara Stasiun Solo Balapan dan Pura Mangkunegaran. Stasiun ini didirikan lebih dari 150 tahun yang lalu atas inisiasi dari pemimpin Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunegara IV. 

Oleh karena itu, peresmian Monumen Lokomotif D 301 76 ini menjadi kebanggaan, karena ini adalah langkah bersejarah yang diambil bersama-sama dengan KGPAA Mangkunegara X. 

Pembangunan Monumen Lokomotif ini juga merupakan inisiatif dari Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, yang berkeinginan untuk menambah satu monumen di Kota Solo. Oleh karena itu, KAI telah menghadirkan Monumen Lokomotif D 301 76 ini di Stasiun Solo Balapan, dan Wali Kota berterima kasih kepada Pemerintah Kota Surakarta yang turut membantu mewujudkannya. 

"Monumen ini ditempatkan dengan indah di halaman depan Stasiun Solo Balapan, menciptakan ikon baru yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan pejalan kaki. Selain sebagai objek estetis, monumen ini juga memiliki tujuan edukatif," imbuhnya. 

Monumen ini diproyeksikan akan memberikan pemahaman sejarah yang berharga kepada masyarakat tentang perkembangan perkeretaapian di Indonesia. 

Lokomotif D 301 merupakan jenis lokomotif diesel tipe hidrolik yang pernah aktif di Jawa Tengah untuk menarik kereta campuran yang terdiri dari dua kereta penumpang dan tiga gerbong barang pada rute Semarang-Demak-Rembang-Blora, Demak-Purwodadi-Gambringan, Yogyakarta-Magelang, Yogyakarta-Bantul, dan Purwosari-Wonogiri. Sebanyak 80 unit lokomotif ini dibeli dari pabrik Krupp di Jerman pada tahun 1962.

Kehadiran monumen ini juga akan meningkatkan penataan kawasan sekitarnya, menciptakan suasana yang lebih rapi, dan indah sehingga para pengunjung dapat menikmatinya dengan nyaman. Lokomotif D 301 sebelumnya juga telah digunakan sebagai monumen di wilayah Daop 8 Surabaya dan Daop 9 Jember sebagai landmark atau penanda kawasan stasiun dan area perkantoran.

Selain Monumen Lokomotif, Stasiun Solo Balapan juga telah mengalami berbagai perubahan positif. Salah satunya adalah adanya toilet baru di zona 3 yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan kereta api sebelum masuk ke area boarding gate

Loket dan layanan pelanggan juga telah direvitalisasi untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Pemasangan signage yang lebih jelas juga membantu pelanggan dalam mengakses moda transportasi kereta api.

Selain perbaikan fasilitas, Daop 6 Yogyakarta juga memberikan ruang publik non-komersial di Hall Stasiun Solo Balapan. Hall ini dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang tidak bersifat komersial, seperti pertunjukan seni dan acara masyarakat lainnya.

Stasiun Solo Balapan merupakan salah satu stasiun kereta api yang strategis di Kota Solo. Stasiun ini menjadi titik keberangkatan menuju berbagai destinasi di pulau Jawa. Beberapa layanan perjalanan kereta api yang tersedia di Stasiun Solo Balapan antara lain Argo Wilis, Argo Dwipangga, Turangga, Sancaka, Gajayana, Bima, dan masih banyak lagi.

Solo juga dikenal sebagai salah satu daerah yang menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Solo kerap didatangi wisatawan dari berbagai daerah untuk menghabiskan waktu berlibur. Jika masyarakat yang tiba dengan kereta api dan bermaksud mengunjungi Stasiun Solo Balapan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi daya tarik wisata yang terletak dekat stasiun ini. 

"Terdapat berbagai destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi di sekitar Stasiun Solo Balapan seperti Keraton Surakarta Hadiningrat, Pasar Klewer, Taman Balekambang, Pura Mangkunegaran, dan banyak lagi. Beberapa destinasi wisata ini tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan di Kota Solo," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler