Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Solo-Ngawi Siap Dioperasikan dalam Waktu Dekat

Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi segmen Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 kilo meter akan dioperasikan dalam waktu dekat. Jalur tersebut telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis dan administratif.
Jalan tol Solo-Ngawi/Istimewa-PT Jasamarga Solo Ngawi
Jalan tol Solo-Ngawi/Istimewa-PT Jasamarga Solo Ngawi

Bisnis.com, SEMARANG - Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi segmen Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 kilo meter akan dioperasikan dalam waktu dekat. Jalur tersebut telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis dan administratif. 

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 387/KPTS/M/2018 tanggal 8 Juni 2018 Jalan Tol Solo Ngawi dapat beroperasi dalam waktu dekat.

PT Jasamarga Solo Ngawi (PT JSN) telah mendapatkan surat laik operasi berdasarkan surat Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. JL.10-10-Db/589 tanggal 28 Mei 2018, menyatakan bahwa Jalan Tol Solo-Ngawi (Segmen Kartasura-Sragen) laik operasi dan dapat dioperasikan sebagai jalan tol.

Surat tersebut menyusul terbitnya surat yang dikeluarkan oleh Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan No. AJ/401/1/12/DJPD/2018 tanggal 21 Mei 2018, dan No. AJ/401/1/13/DJPD/2018 tanggal 21 Mei 2018.

"Peraturan menteri PUPR sudah keluar dan semoga dalam waktu dekat Jalan Tol Solo - Ngawi sebentar lagi bisa dioperasikan," kata Dwimawan dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Kamis (28/6/2018).

Saat ini, lanjut dia PT JSN selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola jalan tol sepanjang 90,25 Km tersebut tengah melakukan sosialisasi terkait transaksi tol dengan menggunakan uang elektronik di Solo-Mantingan-Ngawi Segmen Kartasura-Sragen.

Dikatakan Dwimawan, pada pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran 2018, Jalan Tol Solo-Ngawi telah dioperasikan tanpa tarif sebagai jalan tol fungsional. Hal ini, menjadi salah satu upaya sosialisasi yang dilakukan oleh PT JSN.

"Saat arus mudik Tol Solo - Ngawi dibuka secara fungsional. Ini terbukti bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur maupun sebaliknya," tuturnya.

Dijelaskan Dwimawan, dukungan infrastruktur Jalan Tol Solo-Ngawi menjadi salah satu upaya dalam memecah masalah transportasi darat, dan konektivitas baru yang dapat berdampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum.

Selain itu, Jalan Tol Solo-Ngawi ini dilengkapi dengan lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Kartasura (Ngasem), GT Solo (Klodran), GT Karanganyar (Kebakkramat), GT Sragen (Pungkruk), dan GT Ngawi (Kota Ngawi).

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses jalan tol, PT JSN juga mempersiapkan simpang susun di GT Bandara Adi Soemarmo Boyolali, GTl Purwodadi, dan GT Sragen Timur.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper