Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasmoco Gencar Tambah Jaringan Guna Memperdalam Penetrasi Pasar

Nasmoco Group diler utama Toyota di Jawa Tengah dan DIY memperdalam penetrasi pasar melalui penambahan jaringan penjualan, dengan menggunakan dana investasi hasil penawaran saham perdana induk usaha PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk.
Ilustrasi./JIBI
Ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, SEMARANG – Nasmoco Group diler utama Toyota di Jawa Tengah dan DIY memperdalam penetrasi pasar melalui penambahan jaringan penjualan, dengan menggunakan dana investasi hasil penawaran saham perdana induk usaha PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk.

Saat ini, jaringan penjualan Nasmoco Group sudah mencapai 22 unit. Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto mengatakan tahun ini pihaknya akan menambah jaringan penjualan di Demak dan Purbalingga. Adapun tahun depan Nasmoco Group berencana mendirikan tiga jaringan penjualan sekaligus.

“Tahun depan akan bangun lagi dan sudah beli tanah. Tahun depan ada tiga rencananya di Kendal, rebuild yang di Magelang dan satu kemungkinan di Yogyakarta,” ujarnya akhir pekan lalu.

Sebelumnya, pada awal 2017 induk usaha Nasmoco Group yaitu PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk. melantai di pasar modal dengan meraup dana mencapai Rp260 miliar melalui penawaran saham perdana.    

Fatrijanto yang juga duduk sebagai direksi di emiten bersandi CARS tersebut menyebut, sekitar 60% dana dari penawaran saham perdana itu akan diserap Nasmoco untuk investasi dan modal kerja.

“Dari 60% tadi kira-kira setengahnya untuk investasi jaringan baru dan sisanya modal kerja. Biasanya modal kerja itu kami pinjam dari bank dan sekarang bisa mengurangi pinjaman itu,” lanjutnya.

Penambahan jaringan penjualan dan layanan oleh Nasmoco Group bukan tanpa alasan. Perekonomian Jawa Tengah sedang dipacu, terlebih provinsi tersebut sedang digalakan sebagai kawasan industri baru. Dengan demikian, penjualan mobil diproyeksikan terus meningkat.

Tahun ini saja pihaknya menyasar pertumbuhan pangsa pasar menjadi 33% dari tahun lalu yang hanya 31,9%. Sebagai gambaran, pangsa pasar mobil Toyota di Jateng dan DIY dalam lima bulan pertama pada tahun ini terus meningkat secara gradual.

Pada Januari Nasmoco Group merengkuh pangsa sebesar 30,1%. Bulan berikutnya naik menjadi 31,6% dan pada Maret 32,2%. Adapun April dan Mei masing-masing 32,3% dan 33,6% sehingga secara akumulasi pada periode Januari-Mei 2017 pangsa pasar Toyota di Jateng dan DIY sudah mencapai 31,9%.

Menurut dia, untuk produk terlaris di Jateng dan DIY masih dari model MPV. Dari total penjualan seluruh merek di wilayah tersebut yang mencapai 37.558 unit pada Januari-Mei 2017, kontribusi MPV mencapai 41,3% atau setara 15.803 unit.

Dari total pasar MPV tersebut, Toyota menguasai pangsa sebesar 55,3% melalui produk Avanza, Calya dan Kijang Innova. Adapun untuk total target penjualan tahun ini, pihaknya membidik 30.000 unit atau meningkat sekitar 10% dari realisasi tahun lalu yang sebanyak  27.300 unit.

“Kami optimistis target pangsa pasar maupun total penjualan akan tercapai tahun ini. Penjualan lima bulan tahun ini kami sudah mencapai 11.555 unit atau sudah naik 10% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu mudah mudahan bisa dipertahankan sehingga target tercapai.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper