Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paket Ekonomi XVI, Jateng Menambah Jenis Perizinan Daring

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah (DPMPTSP Jateng) menargetkan menambah perizinan online atau dalam jaringan satu pintu dari dua menjadi 10 izin pada November 2017 mendatang.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, SEMARANG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah (DPMPTSP Jateng) menargetkan menambah perizinan online atau dalam jaringan satu pintu dari dua menjadi 10 izin pada November 2017 mendatang.  

Kepala DPMPTSP Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan pihaknya saat ini melayani 166 perizinan. Izin ini secara bertahap akan dialihkan seluruhnya secara online

"Nanti akan ada peringatan dari sistem jika ada izin yang belum rampung melebihi SOP. Tim akan memburu penyebab keterlambatan ini," kata Prasetyo di ruang kerjanya, Rabu (30/8/2017). 

Sistem ini, kata dia juga akan diisi dengan pelacakan keberadaan izin yang diajukan telah sampai tahap mana. Dengan pola ini, DPMPTSP akan membantu investor untuk pendampingan dan percepatan izin. 

Meski akan diluncurkan November mendatang, Prasetyo mengatakan belum dapat menyebutkan izin mana saja yang sepenuhnya cukup di submit secara online dan tidak membutuhkan kehadiran fisik ini. Pasalnya pemberian izin menyangkut lintas instansi di dalam pemerintahan.

Di Jawa Tengah, kata dia, izin sendiri dapat diberikan dalam 3 jam. Sedangkan SOP izin paling lama yang mencapai 90 hari. "Pabrik gula di Pemalang senilai Rp1,3 triliun kami berikan izinnya hanya 3 jam semenjak dokumen pengajuan lengkap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : News Editor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper