Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citilink Segera Tambah Penerbangan dari Solo ke Tiga Kota Lain

Maskapai penerbangan Citilink segera merealisasikan penambahan penerbangan ke Jakarta, Palangkaraya, dan Pekanbaru.

Bisnis.com, SOLO—Maskapai penerbangan Citilink segera merealisasikan penambahan penerbangan ke Jakarta, Palangkaraya, dan Pekanbaru.

Jika selama ini Citilink hanya punya rute penerbangan Solo-Halim Perdanakusuma, mulai 25 Maret mendatang Citilink bakal melayani pengguna jasa melalui Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Citilink akan terbang setiap hari ke Cengkareng, pagi pukul 06.00 WIB dan 13.35 WIB.

"Namun untuk yang jam penerbangan pagi baru kami buka sekitar 1 April. Kami masih menunggu penyesuaian rotasi pesawat," kata Sales Representatif Citilink Solo, Cahyo Katon, saat berbincang dengan JIBI, Senin (12/3/2018).

Selain ke Jakarta, Citilink juga bakal merealisasikan penerbangan langsung ke luar Jawa, seperti yang digadang-gadang selama ini, yakni ke Palangkaraya dan Pekanbaru. Kedua rute ini sudah dipastikan dengan pengajuan slot atau jadwal penerbangan kepada pihak otoritas. Namun, paling dekat rute ke Palangkaraya dan Pekanbaru bakal direalisasikan semester II.

"Ya, jadi baru semester depan. Slot sudah kami ajukan dan ini juga masih menunggu rotasi pesawat."

Untuk rute Solo-Cengkareng, Citilink membidik load factor 85%. Katon optimistis dengan target tersebut karena permintaan rute Jakarta-Solo dan sebaliknya saat ini masih sangat tinggi. Selain itu sebagai maskapai low cost carrier, Citilink menerapkan nilai tarif yang dinilai terjangkau rata-rata Rp500.000. Dengan demikian, Katon optimistis Citilink mampu bersaing dengan maskapai lain yang selama ini banyak membuka rute yang sama, Solo-Cengkareng.

"Load factor 85% itu target minimal. Kalau di bawah 85% nggak masuk dari sisi bisnis. Jadi target ini harus tercapai."

Untuk jam penerbangan pagi, Citilink membidik pasar segmen pebisnis yang kerap one day trip Solo dan Jakarta. Sedangkan untuk penerbangan siang, maskapai anak perusahaan Garuda Indonesia itu mengincar pasar wisatawan.

“Karena untuk jam penerbangan siang ini kami upayakan untuk bisa connecting dari Jakarta ke wilayah lain salah satunya Sumatera,” kata dia.

Selain Citilink, maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga bakal menambah rute penerbangan langsung ke Jeddah.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, menyampaikan pasar umroh tumbuh luar biasa. “Saya pernah ketemu dengan jamaah umroh dari Solo, tapi mereka berangkat dari Jakarta. Saya sedikit agak marah waktu itu, tapi ternyata mereka berangkat dari Jakarta karena penerbangan langsung ke Jeddah dari Solo sudah penuh semua,” kata Usman.

Airport Operation, Services, and Hospitality Section Head PT AP I Bandara Adi Soemarmo, I Wayan Ova Arantika, mengatakan rencana penambahan penerbangan umroh oleh Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA972 akan dimulai 1 April sampai dengan akhir Mei. Pesawat tersebut bakal berangkat dari Solo setiap hari Minggu pukul 07.15WIB kemudian kembali dan mendarat di Solo setiap Senin, pukul 12.25 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper