Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perpanjangan Landasan Pacu Adi Soemarmo Segera Direalisasi

Dengan makin panjangnya landas pacu, Bandara Adi Soemarmo dapat menampung pesawat sekelas Boeing 777.
Bandara Adi Soemarmo./JIBI-M. Ferri Setiawan
Bandara Adi Soemarmo./JIBI-M. Ferri Setiawan

Bisnis.com, SOLO – PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta segera mengerjakan perpanjangan landas pacu dari 2.600 meter menjadi 3.000 meter untuk merealisasikan sejumlah target salah satunya penambahan jumlah penumpang.

"Sebagai langkah awal, yang kami lakukan adalah melakukan presentasi langsung di depan Kementerian Perhubungan dan pihak terkait yang berwenang mengenai proyek ini. Salah satu yang kami sampaikan yaitu analisis dampak lingkungan (AMDAL)" kata General Manager PT AP I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Senin (3/9/2018).

Ia mengatakan proses selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pembebasan lahan. Menurut dia, landas pacu tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 43 hektare.

"Harapannya proses berjalan dengan lancar. Target kami pembangunan selesai pada tahun 2020," katanya.

Ia berharap dengan makin panjangnya landas pacu, bandara tersebut dapat menampung pesawat sekelas Boeing 777. Dengan demikian, diharapkan pula makin banyak orang yang datang ke Kota Solo dan sekitarnya.

Ia mengatakan saat ini jumlah penumpang yang melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 8.000 orang/hari. Pihaknya menargetkan dengan penambahan fasilitas tersebut jumlah penumpang bisa bertambah menjadi 22.000 orang/hari.

Sementara itu, selain memperpanjang landas pacu, saat ini pihaknya juga tengah menyelesaikan pembangunan stasiun bandara. Ia mengatakan pembangunan tersebut ditargetkan selesai tahun depan.

"Saat ini tinggal atapnya yang masih dalam proses pengerjaan. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," katanya.

Stasiun bandara tersebut nantinya menjadi salah satu pelengkap transportasi KA bandara yang menghubungkan antara Stasiun Balapan dan Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper