Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Ahmad Yani Bakal Miliki Ruang Pamer Produk UKM Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggenjot pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) unggulan dari 35 Kabupaten/Kota.
Salah satu sudut terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6)./Bisnis-Yustinus Andry
Salah satu sudut terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6)./Bisnis-Yustinus Andry

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggenjot pemasaran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) unggulan dari 35 Kabupaten/Kota. Salah satunya dengan membuat galeri di terminal Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Adapun, dalam waktu dekat, produk-produk UKM unggulan Provinsi Jawa Tengah akan mejeng di bandara yang baru selesai dibangun itu. Ribuan produk mulai dari fesyen, olahan makanan dan minuman, kerajinan tangan, hasil kesenian dan produk unggulan lain akan dijajakan di dalam Galeri UKM Provinsi Jawa Tengah.

"Nantinya produk-produk unggulan UKM dari 35 Kabupaten/Kota akan kami jual di galeri tersebut. Ada batik, lurik, tenun, bordir, olahan makanan seperti Wingko, Bandeng Presto, aneka minuman seperti kopi dan jamu akan kami jual di galeri itu," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng, Ema Rachmawati, Rabu (26/12/2018).

Ema menambahkan, bandara merupakan pangsa pasar yang menarik untuk menjual sekaligus mempromosikan UKM Jawa Tengah. Tidak hanya orang lokal, namun di bandara sering dikunjungi para turis asing dari mancanegara.

"Ini sekaligus sebagai sarana promosi produk kami kepada dunia internasional. Harapannya, galeri UKM di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ini dapat menjadi tempat pemasaran yang baik," tambahnya.

Kendati demikian, lanjut Ema, ada banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para pelaku UKM yang akan menjajakan produk unggulan itu. Sebab, di Bandara Ahmad Yani Semarang, sudah banyak produk dari para pengusaha besar. "Jadi memang harus bersaing untuk memberikan yang terbaik," paparnya.

Galeri UKM Jateng di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang sendiri lanjut Ema akan menempati lahan selas 115 meter persegi. Selain menjajakan produk unggulan, akan dilakukan pula sejumlah kegiatan seperto demo meracik kopi dan sebagainya.

"Sekarang prosesnya sudah dibuat, nanti galeri akan kami launching pada April 2019," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung upaya pembuatan galeri di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang itu. Menurutnya, hal itu merupakan sarana efektif untuk memasarkan produk unggulan UKM Jateng.

"Saya pesan, nanti tidak hanya menjual saja, namun berikan informasi kepada pembeli, ini barang namanya apa, proses produksinya di mana dan lain-lain agar pembeli lebih mengenal potensi unggulan UKM Jateng," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper