Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembahasan Sistem Logistik Daerah Jateng Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan sistem logistik daerah di Jawa Tengah dapat rampung pada tahun ini, dan diharapkan menjadi konten dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Tengah 2019—2023.
Truk Logistik/Ilustrasi
Truk Logistik/Ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan sistem logistik daerah di Jawa Tengah dapat rampung pada tahun ini, dan diharapkan menjadi konten dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jawa Tengah 2019—2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi (Dishanpan) Jawa Tengah Agus Wariyanto, mengungkapkan pada saat ini sistem logistik di Jawa Tengah sedang dikaji secara akademis dan pembahasannya memasuki tahap akhir.

“Finalisasi proses dan rencana sistem logistik daerah terus dibahas dan dimantapkan bersama stakeholders. Diharapkan dan ditargetkan menjadi salah satu konten yang masuk dalam RPJMD Jawa Tengah 2019—2023,” kata Agus kepada Bisnis, Kamis (14/2/2019).

Dia menjelaskan, sistem logistik daerah yang sedang dikaji memiliki tujuan untuk mengatur atau mengelola siklus pasokan barang sehingga memberikan hasil yang bermanfaat bagi produsen dan konsumen, terutama pada efisiensi, guna mencapai kepuasan pelanggan.

Menurutnya, yang harus diperhatikan dalam sistem logistik ini adalah fasilitas infrastruktur seperti informasi, transportasi, pengemasan, dan pengepakan. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) juga menjadi faktor lain yang perlu diperhatikan.

“Peran sistem logistik intinya menjamin kelancaran arus barang, mengurangi ekonomi biaya tinggi, mewujudkan kesejahteraan melalui peningkatan efisiensi tata niaga,” katanya.

Saat ini, dia menambahkan, terdapat dua tolok ukur efisiensi tata niaga, yakni kecepatan barang dari produsen ke konsumen dan terdapat pembagian adil atau proporsional terhadap margin keuntungan di antara para pelaku dalam rantai pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper