Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Fakta, Bendungan Mrica Dikabarkan Jebol, Ini Kejadian Sebenarnya

PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Mrica, menyatakan adanya video yang menyebut waduk Mrican tengah jebol tidaklah benar.

Bisnis.com, SEMARANG – PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Mrica, menyatakan adanya video yang menyebut waduk Mrican tengah jebol tidaklah benar.

Adapun sebelumnya, telah beredar video yang menyebutkan Bendungan Mrica jebol viral di jejaring sosial. Video ini membuat warga takut. Sebab dalam video, terlihat air menyembur dengan begitu kuatnya.

Selain dalam bentuk video, juga beredar foto dengan caption agar warga di bawah waduk berhati-hati. Sebab tiga pintu air dibuka. Apalagi video ini beredar di kala cuaca sedang hujan terus menerus dalam beberapa hari terakhir.

General Manager PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Mrican mengatakan, video yang beredar tersebut tidaklah benar, karena yang terjadi adalah adanya pembukaan pintu Drawdown Culvert (DDC) untuk memastikan tidak terjadi kerusakan pada bendungan saat terjadi kenaikan debit air di waduk tersebut.

"Sehubungan dengan video yang menyatakan bahwa “Bendungan Jebol” itu Tidak Benar dan yang terjadi karena ada pembukaan pintu DDC yang sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur Bendungan apabila ada peningkatan debit air," ujarnya sebagaimana dalam keterangan tertulis, Selasa (19/3/2019).

Dikatakan, pembukaan pintu DDC tersebut karena pada hari Minggu (17/3/19) telah terjadi hujan terus menerus di daerah hulu antara Wonosobo dan Banjarnegara, yang mengakibatkan elevasi waduk tinggi yang mencapai 231,05 mdpl.

"Setelah dilakukan pembukaan pintu DDC maka elevasi waduk akan stabil dan dinyatakan dalam range/batas aman. Aktivitas pembukaan pintu DDC ini merupakan hal biasa dan dilakukan sesuai prosedur yang ada di waduk PLTA Panglima Besar Soedirman," ucapnya.

Ditambahkan, fungsi DDC sendiri yakni untuk pembuangan/flushing lumpur disekitar pintu pengambilan air/intake gate, dan pengendalian banjir dengan flow diatas pemakaian turbin dengan pola operasi elevasi 231.20 mdpl maka akan dibuka otomatis atau manual.

Namun dalam kondisi khusus apabila elevasi lumpur didepan intake sudah melebihi batas normal DDC maka akan dilakukan pembukaan untuk flushing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper