Pemprov Jateng Terima Usulan Kepala Daerah soal Tol Solo-Cilacap

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan, beberapa kepala daerah sudah mengajukan usul mengenai pembangunan jalan tol Solo - Cilacap via Yogyakarta.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 19 April 2019  |  16:01 WIB
Pemprov Jateng Terima Usulan Kepala Daerah soal Tol Solo-Cilacap
Ilustrasi proyek tol - Jibiphoto

Bisnis.com, SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan, beberapa kepala daerah sudah mengajukan usul mengenai pembangunan jalan tol Solo - Cilacap via Yogyakarta.

"Memang ada surat dari bupati/wali kota, jadi kami akan hantarkan, akan dorong, mengajukan melalui gubernur ke pusat. Kalau Solo-Cilacap itu bisa, maka itu bisa membedah pemerataan wilayah di Selatan Pulau Jawa," katanya, Jumat (19/4/2019).

Ketika ditanya mengenai, kepala daerah mana saja yang memberi usulan ke Pemprov, Sekda menjelaskannya melalui rute yang dilewati infrastruktur ini.

"Jadi di sana itu kan ada Cilacap, Kebumen, Purworejo, kemudian masuk juga wilayah selatan, Wonogiri, Selatan kena semua," jelasnya.

Menurutnya, rata-rata daerah memang menghendaki adanya tol di bagian selatan ini. Pasalnya, adanya jalan tol bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

Kendati demikian, dia memastikan mengenai soal pembangunan tol bagian selatan ini masih dalam tahap kesepakatan awal. Soal penentuan trase, penetapan lokasi, pembebasan lahan, menunggu suara dari pusat. 

"Ya ini kan baru tahap kesepakatan awal, untuk trade penlok dan pembebasan lahan tunggu keputusan pemerintah pusat, ya mudah-mudahan disetujui," tuturnya. 

Seperti diketahui, pemerintah sudah berhasil menggabungkan tol trans Jawa di bagian utara. Untuk itu, pembangunan jalan tol Solo - Cilacap dirasa sangat penting untuk konektivitas antar daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jateng, proyek tol

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top