Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Terima Usulan Kepala Daerah soal Tol Solo-Cilacap

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan, beberapa kepala daerah sudah mengajukan usul mengenai pembangunan jalan tol Solo - Cilacap via Yogyakarta.
Ilustrasi proyek tol/Jibiphoto
Ilustrasi proyek tol/Jibiphoto

Bisnis.com, SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan, beberapa kepala daerah sudah mengajukan usul mengenai pembangunan jalan tol Solo - Cilacap via Yogyakarta.

"Memang ada surat dari bupati/wali kota, jadi kami akan hantarkan, akan dorong, mengajukan melalui gubernur ke pusat. Kalau Solo-Cilacap itu bisa, maka itu bisa membedah pemerataan wilayah di Selatan Pulau Jawa," katanya, Jumat (19/4/2019).

Ketika ditanya mengenai, kepala daerah mana saja yang memberi usulan ke Pemprov, Sekda menjelaskannya melalui rute yang dilewati infrastruktur ini.

"Jadi di sana itu kan ada Cilacap, Kebumen, Purworejo, kemudian masuk juga wilayah selatan, Wonogiri, Selatan kena semua," jelasnya.

Menurutnya, rata-rata daerah memang menghendaki adanya tol di bagian selatan ini. Pasalnya, adanya jalan tol bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

Kendati demikian, dia memastikan mengenai soal pembangunan tol bagian selatan ini masih dalam tahap kesepakatan awal. Soal penentuan trase, penetapan lokasi, pembebasan lahan, menunggu suara dari pusat. 

"Ya ini kan baru tahap kesepakatan awal, untuk trade penlok dan pembebasan lahan tunggu keputusan pemerintah pusat, ya mudah-mudahan disetujui," tuturnya. 

Seperti diketahui, pemerintah sudah berhasil menggabungkan tol trans Jawa di bagian utara. Untuk itu, pembangunan jalan tol Solo - Cilacap dirasa sangat penting untuk konektivitas antar daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper