Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kinerja Perhotelan Semester I/2019 di Solo Cukup Memuaskan

PHRI Kota Surakarta menyatakan kinerja hotel pada semester pertama 2019 cukup memuaskan karena bersamaan dengan momentum Lebaran dan libur sekolah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  20:46 WIB
Seorang petugas resepsionis di sebuah hotel di Solo, Jawa Tengah, melayani tamu. - Antara/Aris Wisata
Seorang petugas resepsionis di sebuah hotel di Solo, Jawa Tengah, melayani tamu. - Antara/Aris Wisata

Bisnis.com, SOLO – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Surakarta menyatakan kinerja hotel pada semester pertama 2019 cukup memuaskan karena bersamaan dengan momentum Lebaran dan libur sekolah.

"Bahkan okupansinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sepanjang tahun lalu. Untuk tahun lalu rata-rata okupansinya 59 persen, pada semester pertama tahun ini di atas 60 persen," kata Perwakilan Bidang Humas PHRI Kota Surakarta Sistho A. Sreshtho di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (26/6/2019).

Dia mengatakan jika diperinci, okupansi paling tinggi terjadi pada 3 bulan kedua tahun ini, yaitu April, Mei, dan Juni 2019.

Sistho memprediksi capaian okupansi masih akan membaik pada beberapa bulan ke depan, terutama dari sisi meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE). "Sektor MICE pascalebaran kan sudah mulai aktif, khususnya dari korporasi dan pemerintahan."

Sementara itu, terkait dengan naiknya biaya transportasi khususnya via udara, Sistho mengemukakan sejauh ini belum berdampak pada okupansi hotel di Kota Solo karena sebagian orang lebih memilih menggunakan transportasi darat, apalagi sudah ada jalan tol.

Sementara itu, Public Relations Manager Sahid Jaya Hotel Solo Septiarona Sylviarineta mengatakan pada momentum Lebaran tingkat keterisian kamar di hotel tersebut mencapai 100 persen.

"Bahkan mulai H-5 Lebaran sudah terisi. Kontribusi tamu paling besar dari online travel agent (OTA). Dari 137 kamar yang kami punya, kontribusi OTA sampai 40 persen,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel solo

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top