Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Solo-Jogja Bakal Tersambung Hingga Borobudur

Pembahasan rencana pembangunan tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo sudah mencapai kesepakatan.
Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman
Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (15/12/2018)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Pembahasan rencana pembangunan tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo sudah mencapai kesepakatan.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X bahkan menyebut jalur tol dari Jogja-Solo akan tersambung hingga Borobudur. "Jogja Solo sampai Borobudur. Dulu hanya Jogja Solo. Itu sudah disepakati," kata Sultan di Kepatihan, Senin (12/8/2019).

Dari Solo, jalur tol masuk dari kawasan Manisrenggo menuju ke ringroad Timur berdekatan dengan kawasan Lottemart (Maguwoharjo). Dari sana, jalur tol bersambung secara elevated (melayang) di atas Ringroad hingga kawasan Westlake (Ringroad Barat).

"Dari Manisrenggo masuk dekat Lottemart. Baru elevated, sambung ke Ringroad bablas ke Barat di atas Ringroad. Nanti sebelum Kavaleri, Demak Ijo itu motong sampai di atas selokan Mataram (elevated), baru kemudian masuk ke Muntilan," papar Sultan.

Sepanjang selokan Mataram ini jalur tol dibuat melayang hingga masuk wilayah Muntilan, Jawa Tengah. Dari jalur Muntilan ini, kata Sultan, baru melewati jalan darat. Di wilayah ini dilakukan pembebasan tanah (oleh Pemprov Jateng) hingga kawasan Borobudur.

Adapun untuk tol Jogja-Cilacap, kata Sultan hingga kini belum selesai dibahas. Alasannya, pembahasan jalur tol tersebut juga harus dikomunikasikan dengan pemerintah Kabupaten Kulonprogo. "Kalau untuk Jogja-Cilacap belum selesai. Masih belum ada agreement (persetujuan) terakhir. Yang sudah (dibahas) baru tol Jogja-Borobudur," katanya.

Sultan kembali menegaskan tidak ada jalan tol yang langsung menuju ke bandara YIA. Meskipun demikian, Sultan masih mengizinkan adanya akses dari bandara YIA yang menghubungkan ke jalan tol. "Ada akses jalan dari bandara untuk masuk ke tol, tapi bukan tol yang masuk ke bandara," kata Sultan.

Selain jalur tol tersebut, Sultan menjelaskan adanya jalan tembus yang mendukung jalan tol. Salah satunya jalan tembus dari Sentolo menuju Muntilan (Borobudur). Jalan tersebut termasuk jalur Jogja Outer Ring Road (JORR) yang bisa tembus ke Muntilan atau tembus jalan tol Jogja-Borobudur. Begitu juga dengan akses jalan dari Temon yang melewati Suroloyo diharapkan bisa menjadi satu dengan jalur jalan Sentolo Muntilan.

"Saya juga berharap, nanti dari jalan Temon menuju Suroloyo turun tembus jadi satu dengan jalur Sentolo ke Utara untuk tembus ke Muntilan. Jadi ke Bandara bisa lewat jalur Temon atau Sentolo (selain lewat tol)," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper