Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menpar Targetkan Jateng & DIY Sumbang Devisa Pariwisata Rp30 Triliun

Kementerian Pariwisata menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai 2 juta orang pada 2020.
Pengunjung menyaksikan matahari terbit pertama tahun 2019 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Selasa (1/1/2019)./ANTARA FOTO-Anis Efizudin
Pengunjung menyaksikan matahari terbit pertama tahun 2019 di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Selasa (1/1/2019)./ANTARA FOTO-Anis Efizudin

Bisnis.com, SEMARANG — Kementerian Pariwisata menargetkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Jawa Tengah dan Yogyakarta mencapai 2 juta orang pada 2020. Artinya, potensi devisa yang bisa diraih sekitar US$2 miliar atau Rp30 triliun.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan mampu menyumbang 2 juta wisman pada 2020. Potensi devisa yang masuk dan beredar di Jateng serta DIY sekitar US$2 miliar atau Rp30 triliun.

“Potensi pemasukan mencapai US$2 miliar atau sekitar Rp30 triliun, beredar di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pendapatan ini tentunya akan lebih banyak ke masyarakat,” paparnya dalam siaran pers, Jumat (23/8/2019).

Oleh karena itu, Arief menyampaikan, perlu mempercepat pembangunan dari sisi atraksi, amenitas, dan aksesibilitas. Di samping pengembangan tersebut, faktor penentu keberhasilan pariwisata adalah akses.

Bandara Adisutjipto Yogyakarta sebagai akses utama sudah melampaui kapasitas dari normalnya 1,5 juta penumpang menjadi 6 juta penumpang. Peningkatan load factor hingga 4 kali lipat ini tentunya dapat menjadi masalah.

Oleh karena itu, Kemenpar juga akan mengecek kesiapan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, untuk menunjang akses kedatangan wisman.

Pemerintah memberikan anggaran tambahan sebesar Rp6,4 triliun untuk lima destinasi super prioritas, termasuk kawasan Borobudur sebesar Rp1,5 triliun. Dana tersebut digunakan sebagai pengembangan infrastruktur dasar yang diharapkan rampung pada 2020.

“Tahun lalu, Kementerian PUPR menganggarkan untuk sektor pariwsata di Borobudur Rp300 miliar, dan naik 5 kali lipat pada 2020. Untuk itu Pemerintah daerah harus memanfaatkan dengan baik. Targetnya infrastruktur dan utilitas dasar harus selesai 2020,” ungkap Arief.

Direktur Utama Badan Otoritas Borobudur (BOB) Indah Juanita mengatakan, pihaknya juga mengembangkan konsep Glamorous Camping atau glamping di Kec. Loano, Kab. Purworejo. Dalam glamping, segala kemewahan penginapan tetap ada tanpa kehilangan sensasi berkemah.

“Di sini nanti yang akan kita bangun pameran nomadic, ada rumah pohon sama homepod jadi itu tipe-tipe nomadic tourism, terus kami juga akan bikin green house yang bisa memproduksi anggrek khas Perbukitan Menoreh,” tuturnya.

Dia menjelaskan, BOB berusaha agar lingkungan masyarakat bisa dilibatkan dalam setiap pengembangan pariwisata setempat. Hal itu juga bertujuan menjaga kearifan lokal.

“Kita pakai sumber yang ada di sini. Terus menjaga kearifan lokal termasuk makanan khas atau permainan anak-anak itu juga kearifan lokal,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper