Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Usul DPRD Jateng Aktif di Medsos

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong agar semua anggota DPRD Jawa Tengah mengoptimalkan penggunaan media sosial. Hal itu bertujuan mendekatkan publik dengan legislatif dan pemerintah.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. JIBI/BISNIS/Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. JIBI/BISNIS/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG—Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong agar semua anggota DPRD Jawa Tengah mengoptimalkan penggunaan media sosial. Hal itu bertujuan mendekatkan publik dengan legislatif dan pemerintah.

“Jadi kalau ada aduan dari masyarakat, bisa segera diketahui laporannya langsung,” tuturnya di sela acara pelantikan anggota DPRD Jateng, Selasa (3/9/2019).

Menurutnya, sudah tidak zamannya lagi pengaduan atau usulan masyarakat disampaikan dengan cara konvensional. Pemanfaatan teknologi seperti pembuatan website khusus tentang DPRD dibutuhkan, agar masyarakat lebih mudah untuk ikut mengawasi dan memberikan masukan.

“Kalau boleh saya usul, DPRD Jateng bisa membuat website khusus. Di dalamnya bisa ditampilkan daftar anggota DPRD dan dilengkapi dengan laporan kinerja, agar masyarakat bisa mudah terlibat,” ucapnya.

Atau kalau ingin lebih populer lanjut dia, masing-masing anggota DPRD Jateng membuat akun media sosial seperti youtube, instagram, twitter, facebook dan sebagainya.

“Dengan kanal-kanal itu, masyarakat dapat mudah berkomunikasi langsung menyampaikan masukan, saran dan harapan terhadap program-program perencanaan pembangunan di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD Jateng yang baru dilantik. Pemprov tentunya berharap, mereka yang baru dilantik itu dapat langsung bekerja dan membantu mewujudkan program-program pemerintah Provinsi Jateng.

“Ada banyak hal yang kami harapkan, termasuk problem idiologi, pengurangan angka kemiskinan, peningkatan mutu pendidikan, reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi. Saya mohon kerjasamanya agar semua program berjalan lancar dan sesuai harapan,” kata dia.

Dalam hal pemberantasan korupsi, Ganjar juga mendorong agar DPRD Jateng menjadi contoh lembaga legislatif pertama yang melakukan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dengan kepatuhan 100%.

Apabila itu bisa dilakukan, tidak hanya menjadi contoh nasional, tetapi membuktikan bahwa pemberantasan korupsi di Jawa Tengah benar-benar dilakukan serius.

“Saya harap DPRD Jateng yang pertama bisa melaporkan LHKPN 100%. Kalau bisa bulan depan dilakukan, lebih cepat kan lebih baik,” ujarnya.

Selain upacara pelantikan, dalam acara tersebut juga dilakukan penunjukan ketua dan wakil ketua DPRD Jateng sementara. Terpilih sebagai Ketua sementara DPRD Jateng adalah Bambang Kusriyanto dari Fraksi PDIP dan Wakil Ketua Sukirman dari PKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper