Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Boyolali, Posyandu Kambing Beroperasi Tiap Semester

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus kambing atau biasa disebut Posyambing beroperasi setiap enam bulan sekali di Kab. Boyolali. Tujuannya untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan utama warga.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 14 November 2019  |  19:23 WIB
Pasar Hewan. - ANTARA/Yusuf Nugroho
Pasar Hewan. - ANTARA/Yusuf Nugroho

Bisnis.com, SEMARANG—Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus kambing atau biasa disebut Posyambing beroperasi setiap enam bulan sekali di Kab. Boyolali. Tujuannya untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan utama warga.

Dikutip dari siaran resmi, kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dipelihara oleh warga Kabupaten Boyolali. Hewan ternak satu ini juga menjadi sumber perekonomian bagi warga.

Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinakkan) Kabupaten Boyolali memeriksa kesehatan kambing milik warga setiap enam bulan sekali. Terkini, Posyambing beroperasi di Kec. Musuk.

Dokter hewan dari UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Boyolali Dian Puspitasari, menjelaskan kambing tersebut ditimbang berat terlebih dahulu untuk mengetahui bobotnya. Kemudian dilakukan pengukuran panjang dan lingkar badan.

“Penanganan di Posyambing kemudian dilanjutkan dengan memberikan obat cacing untuk kambing yang tidak bunting dan tidak habis kawin, serta memberikan vitamin untuk semua kambing,” tuturnya, Kamis (14/11/2019).

Dari 25 kambing di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Putri yang diperiksa petugas, hewan ternak tersebut dinyatakan sehat. Keberadaan Posyambing membuat jumlah kambing-kambing yang sehat meningkat.

Ketua KWT Sekar Putri Maryati menyambut baik atas adanya Posyambing di daerahnya. Menurutnya, selain bertujuan untuk mendukung branding Desa Musuk sebagai Kampung Kambing, kegiatan ini juga sekaligus untuk mengecek kesehatan hewan peliharaannya.

“Sehingga kambing di anggota kami bisa terjaga kesehatannya, kambing yang sedang bunting juga bisa melahirkan dengan lancar,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kambing
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top