Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Boyolali, Posyandu Kambing Beroperasi Tiap Semester

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus kambing atau biasa disebut Posyambing beroperasi setiap enam bulan sekali di Kab. Boyolali. Tujuannya untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan utama warga.
Pasar Hewan./ANTARA-Yusuf Nugroho
Pasar Hewan./ANTARA-Yusuf Nugroho

Bisnis.com, SEMARANG—Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus kambing atau biasa disebut Posyambing beroperasi setiap enam bulan sekali di Kab. Boyolali. Tujuannya untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan utama warga.

Dikutip dari siaran resmi, kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dipelihara oleh warga Kabupaten Boyolali. Hewan ternak satu ini juga menjadi sumber perekonomian bagi warga.

Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinakkan) Kabupaten Boyolali memeriksa kesehatan kambing milik warga setiap enam bulan sekali. Terkini, Posyambing beroperasi di Kec. Musuk.

Dokter hewan dari UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Boyolali Dian Puspitasari, menjelaskan kambing tersebut ditimbang berat terlebih dahulu untuk mengetahui bobotnya. Kemudian dilakukan pengukuran panjang dan lingkar badan.

“Penanganan di Posyambing kemudian dilanjutkan dengan memberikan obat cacing untuk kambing yang tidak bunting dan tidak habis kawin, serta memberikan vitamin untuk semua kambing,” tuturnya, Kamis (14/11/2019).

Dari 25 kambing di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Putri yang diperiksa petugas, hewan ternak tersebut dinyatakan sehat. Keberadaan Posyambing membuat jumlah kambing-kambing yang sehat meningkat.

Ketua KWT Sekar Putri Maryati menyambut baik atas adanya Posyambing di daerahnya. Menurutnya, selain bertujuan untuk mendukung branding Desa Musuk sebagai Kampung Kambing, kegiatan ini juga sekaligus untuk mengecek kesehatan hewan peliharaannya.

“Sehingga kambing di anggota kami bisa terjaga kesehatannya, kambing yang sedang bunting juga bisa melahirkan dengan lancar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper