Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10.900 Orang Pelari 16 Negara Ikut Borobudur Marathon

Sebanyak 10.900 pelari dari 16 negara termasuk Indonesia bakal berlomba dalam ajang Borobudur Marathon 2019 di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Minggu (17/11/2019).
Sejumlah pelari mengikuti Borobudur Maraton 2018./Antara-Anis Efizudin
Sejumlah pelari mengikuti Borobudur Maraton 2018./Antara-Anis Efizudin

Bisnis.com, MAGELANG - Sebanyak 10.900 pelari dari 16 negara termasuk Indonesia bakal berlomba dalam ajang Borobudur Marathon 2019 di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Minggu (17/11/2019).

Panitia Borobudur Marathon Budiman Tanuredjo di Magelang, Sabtu (16/11/2019), mengatakan para pelari dari luar negeri ada 300 orang lebih,mereka antara lain datang dari Malaysia, Kenya, Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat.

Ia mengatakan terjadi peningkatan cukup signifikan dari jumlah peserta half marathon yaitu 4.300 pelari, kemudian dikategori 10K juga diikuti 4.300 orang.

"Hal itu sesuatu yang menarik, peminatnya makin banyak yang di 10K kemudian naik ke half marathon. Tahun lalu jumlah peserta sekitar 9.600 orang, sekarang menjadi total 10.900 pelari," katanya.

Ia mengatakan semua persiapannya telah siap, baik petugas keamanan dan medis sedangkan satu hal yang perlu dicermati, khususnya bagi para pelari, adalah cuaca yang diperkirakan sedikit panas dengan kelembaban yang rendah.

"Prestasi penting, tetapi kenyamanan dan keselamatan bagi pelari itu juga menjadi suatu yang penting," katanya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jateng Sinung Nugroho Rahmadi mengatakan bahwa setelah tiga tahun penyelenggaraan, ajang lari jarak jauh itu harus tumbuh dan harus ada faktor pembeda dari tahun sebelumnya.

"Faktor diferensiasi menjadi penting yang benang merahnya dekat dengan kreatifitas, apakah dari sisi pelayanan, sisi penyelenggaraan atau kepesertaan yang kita tawarkan, tentu saja pemprov dan pemerintah daerah kabupaten/kota kena dampak positifnya," katanya.

Ia menyampaikan Pemprov menyambut baik dan akan mendukung penyelenggaraan Borobudur Marathon dari tahun ke tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper