Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Warga Manokwari Belajar Ukir di Jepara

Kerajinan ukir Jepara sudah tersohor di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara. Hal ini membuat sejumlah perajin Manokwari, Papua Barat, tertarik belajar seni ukiran.
Ukiran Jepara/Jepara
Ukiran Jepara/Jepara

Bisnis.com, SEMARANG - Kerajinan ukir Jepara sudah tersohor di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara. Hal ini membuat sejumlah perajin Manokwari, Papua Barat, tertarik belajar seni ukiran.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Jepara, Kamis (21/11/2019), sejumlah 24 orang warga Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, datang untuk belajar langsung kerajinan ukir Jepara. Mereka rela tinggal beberapa hari untuk belajar proses mengukir dengan para seniman di Kota Ukir.

Rombongan sudah tiba di Jepara dan melakukan aktifitasnya sejak Minggu (17/11/2019), dan dipimpin langsung Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manokwari Martinus Dowansiba.

Sebelum pulang ke Manokwari, rombongan study tour ini juga akan diajak mengunjungi beberapa sentra ukir yang ada di Jepara, seperti sentra patung Mulyoharjo, pengrajin gebyok Desa Kecapi, dan pembuatan vas bunga di Desa Bandengan.

“Kabupaten Jepara yang terkenal dengan ukirannya. Salah satu tujuan kami ke sini adalah untuk menggali potensi ukir Jepara sekaligus belajar,” paparnya.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko menyambut baik rombongan dari Disdikbud Kabupaten Manokwari. Selain ukir dan mebel, Edy juga mengenalkan tenun ikat Troso khas daerahnya.

Selain itu, pendidikan dan kebudayaan tidak bisa lepas dari suatu daerah. Harapannya ada pertukaran mahasiswa antara Kabupaten Jepara dan Kabupaten Manokwari di bidang pendidikan maupun kebudayaan.

“Setiap daerah kan berbeda-beda budaya, bahasa, suku, jadi tidak ada salahnya kita saling mengenalkan potensi daerah kita,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper