Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puluhan Warga Manokwari Belajar Ukir di Jepara

Kerajinan ukir Jepara sudah tersohor di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara. Hal ini membuat sejumlah perajin Manokwari, Papua Barat, tertarik belajar seni ukiran.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 21 November 2019  |  20:29 WIB
Ukiran Jepara - Jepara
Ukiran Jepara - Jepara

Bisnis.com, SEMARANG - Kerajinan ukir Jepara sudah tersohor di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan mancanegara. Hal ini membuat sejumlah perajin Manokwari, Papua Barat, tertarik belajar seni ukiran.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Jepara, Kamis (21/11/2019), sejumlah 24 orang warga Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, datang untuk belajar langsung kerajinan ukir Jepara. Mereka rela tinggal beberapa hari untuk belajar proses mengukir dengan para seniman di Kota Ukir.

Rombongan sudah tiba di Jepara dan melakukan aktifitasnya sejak Minggu (17/11/2019), dan dipimpin langsung Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manokwari Martinus Dowansiba.

Sebelum pulang ke Manokwari, rombongan study tour ini juga akan diajak mengunjungi beberapa sentra ukir yang ada di Jepara, seperti sentra patung Mulyoharjo, pengrajin gebyok Desa Kecapi, dan pembuatan vas bunga di Desa Bandengan.

“Kabupaten Jepara yang terkenal dengan ukirannya. Salah satu tujuan kami ke sini adalah untuk menggali potensi ukir Jepara sekaligus belajar,” paparnya.

Sekda Jepara Edy Sujatmiko menyambut baik rombongan dari Disdikbud Kabupaten Manokwari. Selain ukir dan mebel, Edy juga mengenalkan tenun ikat Troso khas daerahnya.

Selain itu, pendidikan dan kebudayaan tidak bisa lepas dari suatu daerah. Harapannya ada pertukaran mahasiswa antara Kabupaten Jepara dan Kabupaten Manokwari di bidang pendidikan maupun kebudayaan.

“Setiap daerah kan berbeda-beda budaya, bahasa, suku, jadi tidak ada salahnya kita saling mengenalkan potensi daerah kita,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepara
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top