Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gojek Gandeng Pemkot Semarang Berdayakan Wirausaha Perempuan

Gojek kembali mengadakan pelatihan "Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya" yang ditujukan kepada istri mitra driver GoRide dan GoCar di Jawa Tengah dan DIY.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  16:48 WIB
Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng dan DIY, Arum K. Prasodjo (kedua kiri) saat menyerahkan modal usaha kepada salah satu istri mitra driver dalam pelatihan memasak dan wirausaha Gojek, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, Mukhamad Khadik (kanan). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi
Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng dan DIY, Arum K. Prasodjo (kedua kiri) saat menyerahkan modal usaha kepada salah satu istri mitra driver dalam pelatihan memasak dan wirausaha Gojek, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, Mukhamad Khadik (kanan). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG - Gojek kembali mengadakan pelatihan "Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya" yang ditujukan kepada istri mitra driver GoRide dan GoCar di Jawa Tengah dan DIY.

Head Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng dan DIY, Arum K. Prasodjo mengatakan, Gojek terus berupaya untuk mendukung para mitra driver dan keluarga lewat berbagai cara yang memungkinkan mereka meningkatkan pendapatan atau mengurangi pengeluaran sehari-hari.

"Kami percaya bahwa keluarga mitra memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan cara menambah wawasan kewirausahaan dan juga keterampilan memasak, maka dari itu kami meluncurkan program Cerdik Berwirausaha bareng Gojek Swadaya," ujar Arum, Selasa (4/2/2020).

Melalui program ini, lanjutnya Gojek mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, fitur dalam ekosistem Gojek, dan menghadirkan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya.

"Dengan dibekali keahlian memasak, para istri mitra Gojek ini kemudian dapat bergabung menjadi merchant GoFood agar mereka dapat mengembangkan bisnis dan keahliannya lebih jauh," ujarnya.

Dia mengatakan, Gojek juga melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha.

Gojek memberikan modal awal sebesar Rp500.000/istri mitra untuk pengembangan usaha kuliner bagi 30 istri mitra pertama yang mendaftarkan kegiatan ini.

“Terjadi tren positif dari para partner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung dengan GoFood secara nasional termasuk di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Mereka telah memanfaatkan aplikasi pengelolaan merchant GoFood atau GoBiz sehingga rata-rata mengalami peningkatan omzet 3.5 kali lipat sejak mereka bergabung dan memanfaatkan teknologi ini,” katanya.

Adapun yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini diantaranya para Chef berpengalaman dari hotel berbintang empat, barista kopi dari beberapa coffee shop popular diantaranya Rosti Cafe di Semarang. Sementara untuk pelatihan pengembangan bisnis berbasis komunitas diberikan oleh MAPAN Arisan.

Selain program pelatihan tersebut, pada kesempatan ini Gojek juga memberikan akses kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak mitra GoRide dan GoCar bernama Belajar Bareng Gojek Swadaya.

Gojek menggandeng Lembaga Bahasa Inggris ELTI Gramedia, lembaga yang memiliki keahlian dalam pengajaran Bahasa Inggris yang kemudian juga membuatkan modul pembelajaran yang dinamakan GoEnglish.

“Saat ini 300 anak Mitra Gojek telah berpartisipasi dalam kegiatan kursus Bahasa Inggris. Antusiasme para peserta program ini luar biasa. Saat ini kami sedang mengembangkan program pembelajaran untuk bidang studi lainnya yang diperlukan oleh para anak Mitra Gojek,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Semarang, M Khadik menyampaikan apresiasinya kepada Gojek. Menurutnya, Pemkot Semarang sebelumnya juga telah berkolaborasi dengan Gojek dalam memberikan peluang usaha kepada sekitar 500 ibu-ibu PKK di Semarang.

"Saya apresiasi atas upaya Gojek yang berkelanjutan ini dalam memberikan akses usaha yang lebih luas kepada perempuan di Semarang termasuk istri para Mitra Driver Gojek sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi keluarganya," katanya. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gojek
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top