Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Runway dan Apron Bandara JB Soedirman Segera Jadi

Progres pembangunan runway dan apron di bandara JB Soedirman sudah mencapai 42 persen. Ditargetkan, pembangunan rampung pada akhir April 2020.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat beraudiensi dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat beraudiensi dengan Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Bisnis.com, SEMARANG - Mudik lebaran tahun ini akan terasa spesial bagi masyarakat Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang dan sekitarnya. Sebab, masyarakat tidak harus mudik lewat jalur darat karena mereka bisa pulang kampung naik pesawat.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin saat audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Kamis (6/2/2019) mengatakan, progres pembangunan runway dan apron di bandara JB Soedirman sudah mencapai 42 persen. Ditargetkan, pembangunan rampung pada akhir April 2020.

"Kami akan gunakan Bandara J.B Soedirman untuk angkutan lebaran pada bulan Mei 2020. Tentunya, setelah mendapatkan izin dari regulator, yakni Kementerian Perhubungan," kata Awaluddin.

Awaluddin menerangkan, panjang runway saat ini di bandara J.B Soedirman sudah mencapai 1600 meter. Dengan begitu, landasan sudah bisa digunakan untuk mendarat pesawat jenis ATR72.

"Dengan tipe pesawat itu, maka rute penerbangan bisa mencakup seluruh Pulau Jawa, Bali serta sebagian Sumatera dan Kalimantan. Dengan digunakannya bandara ini sebagai angkutan lebaran, tentu akan menjadi alternatif moda transportasi masyarakat pada musim mudik lebaran tahun ini," terangnya.

Selain mengebut untuk persiapan mudik lebaran, pembangunan bandara J.B Soedirman lanjut Awaluddin akan terus dikebut. Diantaranya adalah pembangunan gedung terminal seluas 1300 meter yang dapat menampung 250.000-300.000 penumpang pertahun.

"Kami targekan pembangunan terminal penumpang selesai pada akhir September tahun ini. Sehingga, awal Oktober bandara J.B Soedirman sudah dapat berfungsi secara optimal," pungkasnya.

Kabar akan diperasikannya bandara J.B Soedirman untuk melayani penumpang pada lebaran tahun ini disambut antusias Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ganjar bahkan terkejut, karena operasional bandara dapat dipercepat.

"Saya pikir akhir tahun baru bisa ada pesawat mendarat, ini malah bisa untuk angkutan lebaran Mei nanti. Tentu ini kabar yang menggembirakan, saya akan mendorong penuh agar nanti lebaran benar-benar bisa ada pesawat mendarat," ucapnya.

Ganjar juga meminta seluruh pimpinan daerah yang ada di sekitar bandara untuk mempersiapkan diri. Sarana prasarana seperti hotel, transportasi darat dan lain harus disiapkan.

"Nanti kalau sudah bisa melayani penerbangan rutin, mereka harus siap. Apakah mempersiapkan pariwisatanya, kulinernya dan potensi bisnis lain. Harapannya, keberadaan bandara ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Pembangunan bandara J.B Soedirman lanjut Ganjar sudah digagas sejak 2004 lalu. Sehingga, ketika bandara ini beroperasi, maka lanjut Ganjar itu seperti mimpi besar yang terwujud.

"Ini mimpi besar, setelah Ahmad Yani beres, kemudian bandara J.B Soedirman progresnya sangat bagus. Setelah itu nanti ada bandara Ngloram Blora dan bandara Dewandaru Karimunjawa akan kami kebut. Mudah-mudahan, dengan semua itu selesai maka wilayah-wilayah itu bisa semakin berkembang," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, pihaknya sudah lama menantikan mendaratnya pesawat di bandara J.B Soedirman.

"Tidak hanya masyarakat Purbalingga, tapi seluruh masyarakat eks Keresidenan Banyumas sudah menantikan beroperasinya bandara ini. Dengan dioperasionalkan saat mudik lebaran nanti, tentu akan memudahkan warga kami dari daerah lain untuk pulang kampung, selain menggunakan mobil atau kereta seperti biasanya," kata dia. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper